Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Maluku: Juru Dakwah Harus Hindari Ujaran yang Memicu Kebencian

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 April 2022, 07:17:21

Ambon (25/4) Maluku hingga saat ini masih kondusif, dari dampak radikalisme, terorisme, dan intoleransi. Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Maluku, Abdur Rauf mengatakan, masyarakat Maluku masih memiliki keyakinan untuk menjaga umat beragama.

Meskipun, kadangkala terdapat tindakan mengarah radikalisme, namun tidak mempengaruhi masyarakat di Provinsi Maluku. Oleh karena itu, dirinya terus menggalakkan program pencegahan terorisme dengan melibatkan ormas Islam, seperti LDII Provinsi Maluku.

“Di Maluku saat ini, kalau mengenai masalah radikalisme masih dalam kategori hijau. Ini artinya, belum ada masyarakat Maluku yang mengembangkan misi (radikalisme dan terorisme – red) di sini,” jelas Abdur Rauf di Ambon, pada Sabtu (23/4/2022).

“Kalaupun ada, itu orang dari luar Maluku yang berpindah ke Maluku untuk menjalankan paham radikalisme. Atau, mereka (orang luar Maluku) sudah memiliki paham radikalisme dan menempati pos di Provinsi Maluku sebagai tempat pelarian,” imbuhnya.

Ketua LDII Provinsi Maluku, Jamaludin Wabula mengatakan, pencegahan radikalisme, terorisme dan intoleransi harus tetap dilakukan dengan melibatkan unsur terkait. Hal itu penting untuk meminimalkan tindakan radikal yang berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat Maluku.

“Beberapa dai yang ada di LDII, kami tempatkan sebagai ujung tombak. Mereka juga ditugaskan menyampaikan bahaya radikalisme sehingga masyarakat bisa memahaminya,” tuturnya.

Pada masa depan, LDII Maluku menginginkan para juru dakwahnya dapat berdakwah untuk deradikalisasi. Sehingga masyarakat bisa hidup dalam berbangsa dan bernegara sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, LDII Maluku mengharapkan, para dai dalam menyampaikan dakwah dalam bulan suci Ramadan, dapat mencegah ujaran yang dapat mengganggu kerukunan umat beragama di Maluku. (Rizal/Iqbal)

The post LDII Maluku: Juru Dakwah Harus Hindari Ujaran yang Memicu Kebencian appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-maluku-juru-dakwah-harus-hindari-ujaran-yang-memicu-kebencian/

built with : https://erahajj.co.id