Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Jember Tuan Rumah Pertemuan Tokoh Lintas Agama se-Kabupaten Jember

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 16 April 2022, 09:46:18

Jember (16/4). Para tokoh lintas agama se-Kabupaten Jember yang tergabung dalam Silaturrahim Elemen Masyarakat atau Sila Emas menggelar pertemuan. Dalam kesempatan itu, mereka mendapat arahan dari Polres dan Kodim, yang dirangkaikan buka bersama di Aula DPD LDII Jember, Rabu (13/4).

Dalam sambutannya, Ketua DPD LDII Jember, Akhmad Malik AfandI mengapresiasi pertemuan Sila Emas tersebut, terutama bertepatan dengan momen Ramadan. “Karena apapun agamanya, kita semua saudara dan kita semua Indonesia,” kata Malik.

Lebih lanjut Malik menyampaikan bahwa dalam agama Islam ada empat tahapan dalam menjalin kerukunan yaitu pertama ta’aruf atau saling kenal. “Artinya sebagai tokoh lintas agama harus saling kenal satu dengan yang lain sehingga mempermudah dalam menjalin silaturrahim dan komunikasi,” kata Malik.

Kedua adalah tafahum atau saling memahami terhadap perbedaan yang ada dan selalu fokus mencari titik persamaannya. Ketiga adalah ta’awun atau saling bekerja sama dalam kebaikan untuk kemajuan bangsa dan negara. Termasuk pada November 2021 lalu, Sila Emas pernah menggelar perkemahan pemuda lintas agama sebagai wujud dari ta’awun.

Keempat adalah tasamuh atau saling menjamin. Malik mengatakan, “Artinya sebagai tokoh lintas agama perlu saling menjamin keamanan keberadaan umat beragama yang lain.”

Menurutnya, apa yang dilakukan para tokoh lintas agama, seperti upaya negara dalam menjamin keamanan semua warga negaranya beribadah, sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Malik menambahkan bahwa Indonesia ibarat sebuah kapal besar yang membawa banyak penumpang dengan berbagai macam agama, suku dan budaya. Ia berpendapat tugas para tokoh agama sebagai penumpang kapal tersebut, adalah memastikan bagaimana supaya kapal tersebut tidak oleng, pecah atau bocor di tengah perjalanan.

“Sehingga bisa sampai di tujuan dengan selamat. Maka kerukunan dan kekompakan di antara semua penumpang sangat diperlukan seperti yang kita lakukan pada sore hari ini,” ujarnya.

Sementara itu koordinator Sila Emas, Ignatius Sumarwiadi sangat mengapresiasi LDII yang sudah berkontribusi atas terlaksananya acara pertemuan itu.

Ia menuturkan, Sila Emas dibentuk karena sebuah kebutuhan bersama antar tokoh lintas agama, dalam mewujudkan kerukunan menuju persatuan dan kesatuan bangsa terutama di Kabupaten Jember.

“Sila Emas juga bekerja sama dengan FKUB karena pada hakikatnya semua memiliki tujuan yang sama yaitu mengawal tegaknya NKRI,” ujar Marwi.

Beberapa tokoh lintas agama yang hadir pada sore hari itu, yakni perwakilan dari umat Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Penghayat Kepercayaan Sapta Dharma.

The post LDII Jember Tuan Rumah Pertemuan Tokoh Lintas Agama se-Kabupaten Jember appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-jember-tuan-rumah-pertemuan-tokoh-lintas-agama-se-kabupaten-jember/

built with : https://erahajj.co.id