Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kemenag Sulut Ajak Warga LDII Bersatu dalam Pemberdayaan Umat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 14 April 2022, 12:12:51

Manado (14/4). DPW LDII Sulawesi Utara mengadakan pengajian umum dalam rangka meningkatkan amalan ibadah Warga LDII di bulan Ramadan 1443 H. Acara tersebut, sekaligus bersilaturahim dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka.Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), H. Anwar Abubakar, di Masjid Baitul Ulya Buha, Minggu, (10/4).

Pada kesempatan itu, Ketua DPW LDII Sulut H. Djafar Wonggo mengajak warganya untuk menyukseskan amalan-amalan ibadah di bulan Ramadan, yakni sukses puasa, salat tarawih, khatam membaca Al-Quran, itikaf dan lailatul qadar serta sukses menunaikan zakat fitrah. “Beribadah di bulan Suci Ramadan dengan mengamalkan amalan ibadah sesuai petunjuk akan lebih fokus dan optimal,” pesan Djafar.

Menurut Djafar, lima sukses Ramadan ini sudah berjalan bertahun-tahun, momentum bulan Ramadan inilah waktunya memperbanyak amalan ibadah, dan juga waktu yang tepat untuk mempererat tali silaturahim dengan tokoh agama serta pengurus dan imam masjid di sekitar.

“Salah satu tujuannya adalah untuk berbagi pengalaman yang bisa menjadikan manfaat untuk masing-masing pihak sekaligus bisa saling koordinasi dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyyah,” ujar Djafar.

Ia menyebut, bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa, di mana sering menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahim serta dapat menciptakan suasana toleransi maupun kerukunan dalam beragama.

Sementara itu, Ka Kanwil Kemenag Sulut memberikan tausiyah agama guna meningkatkan keyakinan dan pemahaman warga LDII dalam menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari khususnya di bulan Ramadan. “Esensi ibadah di bulan Ramadan adalah ibadah individual dan ibadah sosial,” ujar Anwar.

Dalam rangka memperkuat program LDII lima sukses ibadah di bulan Ramadan, ia berharap bisa menjalin kerjasama untuk berbagi ke masyarakat sekitar, sehingga mereka yang membutuhkan bisa merasakan kepedulian kasih dari warga LDII.

“Suasana kehidupan umat Islam betul-betul terjaga dalam kebersamaan, kekeluargaan dengan rasa persatuan dan kesatuan, maka Sulawesi Utara ini akan selalu nyaman aman juga kondusif,” pesan Anwar.

Dipengujung tausyiahnya, Anwar menyampaikan program dari Menteri Agama, di antaranya, peningkatan kualitas ekonomi umat dan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di mana saat ini pelayanan yang diberikan bukan hanya warga Islam saja, melainkan juga memberikan pelayanan untuk semua umat beragama “Mudah-mudahan seluruh warga LDII di Sulawesi Utara terus bersatu untuk pemberdayaan ekonomi umat,” tandasnya.

Kegiatan itu berjalan dengan lancar, diawali pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan Kajian Hadist Sunan An-Nasa’i, dan dihadiri oleh warga LDII Sulawesi Utara secara hybrid serta Ketua MUI, Kepala KUA, Ketua Forum BTM, serta pengurus atau imam takmir masjid Kecamatan Mapanget Manado. (*Ridwan Kristanto/ FS LINES)

The post Kemenag Sulut Ajak Warga LDII Bersatu dalam Pemberdayaan Umat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kemenag-sulut-ajak-warga-ldii-bersatu-dalam-pemberdayaan-umat/

built with : https://erahajj.co.id