Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Jakarta Timur Beri Motivasi Anak Muda Memilih Kampus

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 16 Februari 2022, 01:11:46

Jakarta (15/02). LDII Jakarta Timur menghelat seminar Campus Expo 2022. Acara ini bertujuan menginspirasi sekaligus mengenalkan generasi muda yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Acara ini bekerjasama dengan DPD LDII Jakarta Timur dan Penggerak Pembina Generus Jakarta Timur mengambil tema MAPAN, singkatan Mantap Meraih Masa Depan, dengan partisipan sekitar 50 generus yang hendak memilih jurusan.

Dewan Penasehat DPD LDII Jakarta Timur Drs. H. Catur Tri Haryono menjelaskan jika kemandirian tidak serta merta diperoleh. Generus perlu diberikan pembekalan agar kelak menjadi mubaligh yang sarjana sekaligus sarjana yang mubaligh.

“Di sini kami membekali generus terkait informasi bagaimana Membekali mereka mempersiapkan masa depan bagi yang hendak kuliah. Diantaranya memilih kampus dan jurusan yang cocok serta mampu mendatangkan lapangan pekerjaan,” ujar H. Catur.

Ia memberikan catatan, untuk sukses tidak selalu ditentukan oleh kampus yang besar dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi. Diperlukan bekal Pendidikan dan keterampilan yang tepat sesuai dengan minat generus. Menurutnya, LDII sudah membuat program tri sukses generasi penerus yang sudah berjalan memberikan pembekalan ilmu, akhlak, dan kemandirian.

Ketua Penggerak Pembina Generasi Penerus LDII Jakarta Timur Dr. Drs. H. Yuni Pratikno selaku ketua panitia acara menjelaskan, Campus Expo 2022 mengenalkan dan memberikan informasi perguruan tinggi kepada peserta. Mereka juga dikenalkan informasi terkait Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) terdekat setiap kampus besar agar bisa kuliah sekaligus mencari ilmu agama.

Pembekalan memilih kampus sebagai pendampingan anak muda memenuhi tri sukses generus. Foto: LINES.

“Generasi muda diharapkan mendapatkan gambaran dan pengetahuan, serta wawasan yang luas dari para pengisi acara yang sudah sukses dari alumni serta mahasiswa yang sudah kuliah di perguruan tinggi,” katanya.

Harapannya, anak muda sekarang bisa bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Untuk itu, H. Catur memberikan gambaran seperti membuat bata merah. Ketika bata merah itu diniatkan membangun masjid, akan jadi ibadah. Maka mencari ilmu harus diikuti dengan sungguh-sungguh supaya berhasil.

“Wajibnya umat muslim dalam mencari ilmu, akan mendapatkan ganjaran di sisi Allah. Maka hati diniatkan untuk mencari ilmu karena Allah,” ujarnya.

Talkshow itu juga menghadirkan narasumber yang masih kuliah dan yang telah sukses menjadi alumni. Mereka berbagi tips bagaimana menjalani perkuliahan, berorganisasi, sekaligus menjadi santri di PPM. Bahkan ada yang merintis usaha sambal kuliah dan menimba ilmu di PPM.

Pameran kampus juga dihadirkan di acara itu. Kontingen universitas menyampaikan presentasi untuk memberikan informasi seputar kampus kepada generus. Isinya terkait dengan jalur masuk, biaya kuliah, beasiswa, dan kehidupan kampus secara umum.

The post LDII Jakarta Timur Beri Motivasi Anak Muda Memilih Kampus appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-jakarta-timur-beri-motivasi-anak-muda-memilih-kampus/

built with : https://erahajj.co.id