Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Bandung Gelar Pelatihan Jurnalistik, Cetak Jurnalis Handal serta Profesional

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 07 Februari 2022, 09:18:11

Bandung (7/2). DPD LDII Kota Bandung menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik televisi dengan tema “Jurnalis Handal, Cepat, dan Akurat Serta Profesional” sebagai harapan

Acara berlangsung di studio utama Gedung sekretariat DPD Kota Bandung, Sukajadi pada Minggu (23/1). Peserta yang mengikuti secara online berada pada 27 titik kumpul di setiap PC dan PAC se-Kota Bandung.

Pelatihan ini dibuka oleh ketua DPD LDII Kota Bandung Edi Sunandar. “Dekatnya tim PC dan PAC LDII dengan para camat dan lurah menjadikan tambahan pembelajaran untuk menulis berita yang sistematis sesuai dengan kaidahnya,” ujar Edi Sunandar.

Mengingat seberapa besar pentingnya sebuah berita dalam masyarakat, oleh karena itu sangat dibutuhkannya teknik penulisan yang baik dan benar. “Pentingnya hal itu, Ketua Bagian Komunikasi, Informasi dan Media LDII Kota Bandung Abdul Soleh selaku pemateri, menjelaskan tentang tahapan-tahapan menulis berita,” kata Edi.

Dalam awal pemaparannya Soleh yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Lines TV memberikan materi tahapan awal dalam menulis berita, yaitu dengan mencari informasi atau riset objek berita. Setelah itu ia menjelaskan tahapan wawancara lalu merangkum hingga menjadi berita.

“Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis berita adalah membuat lead yaitu kesimpulan dari berita utama atau topik utama, yang sudah mencakup istilah elemen 3W,” kata Soleh.

Lebih lanjut, Soleh menjelaskan dalam pembuatan paragraf kedua tubuh berita berupa merangkai 5W + 1H dan berisi kutipan- kutipan yang dikeluarkan oleh narasumber, yang akan ditulis tanpa adanya rekayasa.

“Dalam paragraf terakhir membuat penutup yang menegaskan isi berita dan membuat pembaca yakin terhadap isi berita,” ujarnya

“Dari keseluruhan yang kita tulis tadi kalimat penutup ini adalah kalimat kesimpulan namun bukan opini yang berisi tentang pendapat pribadi,” imbuhnya.

Soleh menambahkan dalam pembuatan judul adalah tahapan terakhir setelah rangkaian berita sudah dibuat. Dalam pembuatan judul harus unik, menarik dan membuat rasa penasaran para pembaca. Tak lupa mengingatkan pembuatan judul itu sebanyak 8 kata sesuai dengan berita.

Dalam acara penutup, Wakil Sekretaris DPD LDII Kota Bandung menyampaikan agar PC dan PAC dapat meningkatkan ilmu menulisnya. Ia mengatakan, peserta jurnalistik supaya bisa menikmati, mempelajari salah satu hal positif dari pelatihan jurnalistik ini.

“Tujuannya, agar bisa menjalin hubungan baik kepada internal dan eksternal. Harapannya para peserta dapat meningkatkan ilmu dan rasa untuk mengembangkan hal postif kepada masyarakat,” pungkas Faisal. (FW/LINES)

The post LDII Bandung Gelar Pelatihan Jurnalistik, Cetak Jurnalis Handal serta Profesional appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-bandung-gelar-pelatihan-jurnalistik-cetak-jurnalis-handal-serta-profesional/

built with : https://erahajj.co.id