Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sako SPN Lampung Canangkan Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 10 Agustus 2021, 01:02:02

Bandar Lampung (10/8). DPW LDII Lampung, melalui Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Tingkat Daerah Lampung menggelar “Pencanangan Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga, Masjid dan Pondok Pesantren.”

Gerakan tersebut digelar di Komplek Yayasan Nurul Huda Lampung, diikuti guru dan santri Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung pada Minggu, (8/8/2021) kemarin.

Pinsakoda SPN Lampung Drs. H. Heri Sensustadi menyampaikan bahwa gerakan ini dilaksanakan dalam rangka Bulan Bhakti Pramuka, sekaligus menindaklanjuti Seminar Hari Lingkungan Hidup dengan tema Penanganan Sampah Domestik dalam Lingkup Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh DPP LDII.

Rangkaian kegiatan ini berupa penanganan sampah rumah tangga dengan memilah dan mengolah sampah diperkuat dengan sosialisasi penanganan limbah sampah rumah tangga kepada Sakocab SPN se-Lampung secara daring. Dilaksanakan pula pembagian masker dan sembako kepada keluarga yang terdampak pademi Covid-19.

Hadir dalam acara ini, Kasi Pengelolaan Sampah Achmad Jon Victor, S.Hut, M.M., Kasi Pengelolaan Limbah B3 Zeiri, S.H., M.KM., Ketua Harian Kwarda Lampung Dr. Zaenuri, M.Pd.I, Sekretaris Kwarda Dr. Mubasit, M.PsI., Sekbid Kakoma Hiburan, M.Pd.I., Mabisakoda SPN Lampung H. Narso dan H. Hidayat Habibullah, Wakil Ketua DPW LDII Lampung Drs. H. Antoni PN, dan H. Fahdian Iskandar S.E.

Sebelumnya, DPP LDII juga telah melaksanakan pilot project Eco Pesantren dalam penanganan limah organik yang dipusatkan di Pesantren Budi Agung, Bogor.

Dalam acara itu, DPP LDII menyerahkan bantuan bak komposter dan nebulizer dengan nama SABDO, alias Sebelas Detik Aja Bio Degradasi Organik.

Dalam bak pengompos ini, terdiri dari satu kompartemen besar, di dalamnya sudah ada larva yang akan mendegradasi bahan organik. SABDO ditemukan oleh Prof. Arif Sabdo Yuwono, Guru Besar Teknik Lingkungan, Institut Pertanian Bogor (IPB). (Ilham-Lines Lampung/FF).

The post Sako SPN Lampung Canangkan Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sako-spn-lampung-canangkan-gerakan-pilah-sampah-rumah-tangga/

built with : https://erahajj.co.id