Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Polda Kaltim Gandeng LDII Gelar Vaksinasi Kejar Herd Immunity

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 22 Juli 2021, 15:16:03

Balikpapan (22/7). Kepolisian Daerah Kalimantan Timur bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan,  dan DPD LDII Kota Balikpapan menggelar Gerai Vaksin Presisi di halaman Ponpes Bairuha, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (22/7).

Kegiatan ini dalam rangka Bhakti Kesehatan Bhayangkara untuk Negeri, yang bertajuk ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi Dukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju’.

Acara tersebut juga dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si. bersama Kabid Dokkes Kombes Pol. dr. B. Djarot Wibowo, Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebril Sesa S.I.K dan rombongan untuk melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi. Sebelumnya, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Hariyanto dan rombongan telah meninjau langsung vaksinasi tersebut. Tampak pula Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebril Sesa S.I.K dan rombongan.

Sementara itu, Dewan Penasehat DPD LDII H. Ramidi Yas, Ketua DPD LDII H Herry Fathamsyah S.E., Ketua Pondok Pesantren Bairuha, Ustadz Suwondo beserta pengurus dan panitia setempat ikut mendampingi terselenggaranya acara.

Kapolda Kaltim Irjen Herry Nahak mengapresiasi pengurus LDII Balikpapan atas kesediaan tempat di Pondok Pesantren Bairuha untuk pelaksanaan vaksinasi. 

“Saya kira ini contoh yang baik yang bisa kita lihat bagaimana masyarakat berperan secara aktif dalam upaya memerangi Covid-19,” tutur Herry Nahak. Ia juga mengimbau dan berharap kepada masyarakat bersama-sama bergotong royong melawan Covid-19 dengan berbagai cara yang masyarakat mampu.

“Terutama yang pertama adalah menjaga protokol kesehatan, ya pakai masker, kemudian menjaga jarak, jangan ada kerumunan, jangan membuat kerumunan, itu penting supaya tidak ada penyebaran baru,” tuturnya.

Menurutnya, yang juga sangat penting adalah pengadaan vaksin. “Karena masyarakat banyak yang menunggu (vaksinasi),” katanya.

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Hariyanto juga ikut mengapresiasi keikutsertaan pengurus LDII dalam mendukung program vaksinasi. 

“Saya berada di Ponpes Bairuha dalam rangka melaksanakan Gerai Vaksinasi TNI/Polri dengan sasaran seluruh warga yang ada di sekitaran Gunung Guntur, juga warga LDII, dan masyarakat umum lainnya. Hari ini direncanakan dilakukan vaksinasi untuk sekitar 1.200 orang,” tutur Pol. Hariyanto.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan tetap menjaga protokol kesehatan 5M. “Menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Karena vaksin ini bukan sebagai obat, tapi untuk menambah imunitas kita, daya tahan tubuh kita,” tuturnya.

Pol. Hariyanto mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi kali ini adalah yang pertama. Untuk dosis kedua ia mempersilakan panitia melaksanakannya di tempat yang sama. Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi dapat dipercepat untuk memperkuat kekebalan massa atau Herd-Immunity.

Sementara itu, Ketua LDII Balikpapan H Herry Fathamsyah menyampaikan rasa syukurnya atas kerjasama dengan Polda Kaltim dan Pemerintah Kota Balikpapan. “Alhamdulillah koordinasi dengan Polda Kalimantan Timur semuanya, mulai dari persiapan sampai dengan proses pelaksanaan ini dinyatakan baik dan lancar,” tuturnya.

Herry berharap pelaksanaan vaksinasi dosis pertama ini berjalan dengan baik, aman, selamat, lancar, sukses, dan barokah. 

Vaksinasi ini diikuti masyarakat sekitar maupun warga LDII sebanyak 1.000 – 1.500 pendaftar dengan rentang usia 18 tahun keatas. Sejak pagi pukul 7.30 WITA, masyarakat menuju tempat vaksinasi berbaris cukup tertib dengan menjaga jarak, mengenakan masker, dan melalui pemeriksaan suhu tubuh. 

Kedatangan masyarakat yang mengikuti vaksinasi diatur sedemikian rupa oleh panitia agar sesuai waktu yang ditentukan berdasarkan asal kecamatan domisili masing-masing. Hal ini untuk menghindari penumpukan massa dan menjaga protokol kesehatan sehingga vaksinasi diharapkan berjalan dengan baik.

(SA/LINES)

The post Polda Kaltim Gandeng LDII Gelar Vaksinasi Kejar Herd Immunity appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/polda-kaltim-gandeng-ldii-gelar-vaksinasi-kejar-herd-immunity/

built with : https://erahajj.co.id