Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Berbekal Pizza, Keputrian LDII Kota Padang Pelajari Wirausaha

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 21 Maret 2021, 09:12:25

Padang (21/03). Keputrian LDII Kota Padang di bawah pembinaan PPG (Penggerak Pembina Generus – Generasi Penerus) LDII Kota Padang menggelar sharing wirausaha kuliner dan demo memasak dalam Webinar Entrepreneur bertemakan “Gadis Entrepreneur Mandiri, Eksis dan Sholihah (GEMESH)” dengan media semi-daring. Kegiatan ini diadakan di Ganting Parak Gadang, Padang Timur, Kota Padang, (11/03) Kamis lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan terhadap remaja putri LDII Kota Padang yang berusia 13 tahun ke atas, menjadi bekal dalam mewujudkan wanita yang mandiri dan memiliki keterampilan. Webinar ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan grafik perekonomian Indonesia yang cenderung menurun sejak menyebarnya virus Covid-19. Untuk membangkitkan perekonomian, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan belajar merintis suatu usaha sederhana yang bisa menghasilkan _income_.

Webinar yang merupakan salah satu program kerja tahunan Keputrian LDII Kota Padang diikuti ± 104 remaja putri usia 13 tahun keatas yang terbagi dalam 9 kelompok di 6 PC/PAC se-Kota Padang. Ketua pelaksana kegiatan, Vina Khairunisa mengatakan acara ini bertujuan untuk menjelaskan kepada remaja putri bagaimana cara berbisnis yang halal sesuai dengan syariat Islam dan memberikan beberapa tips jitu dalam merintis suatu usaha.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Remaja Putri LDII kota Padang bisa tergerak untuk memulai bisnis kecil-kecilan syukur-syukur bisa membantu keuangan keluarga,” ujar Vina.

Dewan Penasehat LDII Kota Padang, Ir. H. Zulfikri mengatakan di zaman yang semakin modern, remaja putri LDII bisa memiliki keterampilan yang baik guna menghadapi persaingan hidup yg semakin ketat dan keras. Kemandirian sangat luas cakupannya, salah satunya ialah bagaimana agar generus mampu mengurus keperluan pribadinya sendiri dan mengatur waktu agar lebih bermanfaat. “Terlebih lagi sebagai wanita yang pasti akan berumahtangga, mandiri dalam hal memasak sangat penting sebagai modal dalam berumahtangga nantinya,“ ujar pria yang dipanggil Buya Zulfikri.

Sementara itu Ketua PPG DPD LDII Kota Padang Ust. Renol menyebutkan, kegiatan ini sangat baik untuk diikuti sebagai bentuk pelatihan kepada remaja putri dalam rangka mewujudkan program tri sukses pembinaan generasi penerus, yang mana seesuai dengan motto LDII yaitu mencetak generasi profesional religius. Salah satunya dengan memiliki kemandirian yang akan memberikan manfaat untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Pembicara dalam webinar ini, Hj. Muchnila Sari menjelaskan dalam merintis suatu usaha kita perlu mempelajari market nya terlebih dahulu, siapa sasarannya, apa yang mereka sukai, dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan.

Dalam hal ini Muchnila memaparkan salah satu kuliner yang bisa dijadikan peluang bisnis ialah Pizza mini. “Beberapa orang menganggap pizza adalah makanan kelas atas yang cukup sulit dalam mengolahnya. Padahal, tidak. Bila kita mau mempelajari bahan dan cara pembuatannya maka itu akan sangat mudah,” jelasnya.

Dalam pelaksanannya, 104 orang remaja putri LDII Kota Padang yang terbagi dalam 9 kelompok sudah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Sehingga mereka bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan pizza mini yang dipandu oleh Muchnila Sari dari awal hingga akhir. Di akhir kegiatan mereka juga melakukan sesi foto dan makan pizza bersama di kelompok masing-masing. (Bunga/LINES Sumatera Barat)


Sumber berita : https://ldii.or.id/berbekal-pizza-keputrian-ldii-kota-padang-pelajari-wirausaha/

built with : https://erahajj.co.id