Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Rencana Kelola Ketahanan Pangan Berkelanjutan Hadapi Dampak Pandemi

Kategori : LDII News, Organisasi, Ditulis pada : 18 Maret 2021, 13:25:22

Jakarta (18/3). LDII sebagai ormas Islam selalu mengedepankan kontribusi kepada masyarakat umum, salah satunya dalam hal ketahanan pangan. Saat pandemi, hal itu menjadi isu yang membutuhkan penanganan berkelanjutan.

Pada 8 Maret lalu, LDII sempat beraudiensi secara daring dengan Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Prof. Darsono dan Prof. Rubiyo sebagai pakar pertanian, mengungkapkan keinginan untuk berkontribusi mewujudkan ketahanan pangan bagi NKRI sekaligus menjadi partner pemerintah. 

Kedua profesor yang didampingi pengurus harian DPP LDII itu mengatakan bahwa dalam waktu dekat LDII akan menggelar webinar terkait ketahanan pangan yang membahas pengelolaan berkelanjutan terhadap pangan dan lingkungan hutan.

“Kami sebagai ormas punya komitmen untuk membantu pemerintah menyiapkan ketahanan pangan. Semoga dengan webinar nanti, bisa memberi wawasan untuk ditindaklanjuti setelah webinar. Sehingga bisa menata  sarana dan prasarana untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah,” kata Prof. Rubiyo.

Plt. Sekretaris Badan Ketahanan Pangan

Menanggapi hal tersebut, Plt Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Dr. Andriko Noto Susanto menyampaikan apresiasinya atas kontribusi LDII. Ia mengatakan bahwa kolaborasi itu memang sangat dibutuhkan dalam rangka membangun ketahanan pangan. LDII memiliki jaringan yang luas dan paling penting adalah LDII memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah yakni upaya untuk membangun ketahanan pangan. 

“Semoga program-program ketahanan pangan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi ormas juga harus ikut berperan aktif,” kata Andriko.

Menurutnya, isu ketahanan pangan ini menjadi sangat penting dengan meningkatnya standar hidup dari masyarakat. Intervensi tentang ketahanan pangan keluarga, dengan adanya gerakan masyarakat terkait kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga jika bisa terlaksana maka pemerintah akan membangun ketersediaannya dan jangkauannya tidak akan bermasalah. 

Sementara itu Sekretaris Umum DPP LDII Dody Taufik Wijaya menambahkan, masalah pangan merupakan salah satu dari ikhtiar atau disebut juga dakwah bil hal bagi LDII. “Kami menekankan kontribusi kami untuk masyarakat dan bangsa yang berfokus pada delapan bidang pengabdian kami sebagai ormas yang memiliki core dakwah yakni salah satunya bidang pangan,” kata Dody.(Faqih/LINES)


Sumber berita : https://ldii.or.id/rencana-kelola-ketahanan-pangan-berkelanjutan-hadapi-dampak-pandemi/

built with : https://erahajj.co.id