Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Tegal Gelar Sosialisasi Limbah Jadi Berkah

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 10 Maret 2021, 10:05:05

Tegal – Bertempat di Masjid Al Huda Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah, DPD LDII Tegal bekerja sama dengan Assosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Cabang Kab Tegal dan Yayasan Rumah Sosial Qutub Kab Tegal menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pengolahan Limbah Menjadi Berkah.

Peserta kegiatan ini adalah Seluruh Pengurus Pimpinan Cabang Kecamatan dan Pimpinan Anak Cabang Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Tegal. Pemateri dari ASOBSI menyampaikan pentingnya pengolahan sampah harus dipilah dari lingkungan terkecil (lingkungan keluarga) sehingga pengolahan ini bisa lebih efektif. Sampah digolongkan menjadi sampah organik dan sampah anorganik.

Untuk sampah organik, dapat diolah menjadi pupuk alami. Selain itu juga diberikan sebagai makanan sejenis belatung “baik” bernama maggot. Penggunaan Maggot sangat efektif karena 1 kg maggot sehari dapat menghabiskan 2 kg sisa makanan organik.

Sedangkan untuk sampah anorganik, dapat langsung dipilah menjadi kategori sampah kaca, sampah logam, sampah plastik, sampah kertas, sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), dan sampah residu. Untuk sampah kaca, sampah logam, sampah plastik, dan sampah kertas, dapat dikelompokan masing-masing kemudian dijual sesuai harga masing-masing. Sedangkan dua sampah yang lain yaitu sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), dan sampah residu, diteruskan untuk dibuang melalui Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah yang berlokasi di Penujah Kecamatan Kedungbanteng.

Sedangkan pemateri dari Yayasan Rumah Sosial Qutub Kab Tegal menyampaikan Penggunaan Limbah Minyak Goreng (atau yang biasa kenal dengan Minyak Jelantah) hanya dapat digunakan maksimal tiga kali untuk menggoreng masakan.

Jika lebih dari itu, sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menimbulkan penyakit kanker.Sisa minyak ini jika dibuang pun sulit untuk diuraikan. Oleh karena itu Yayasan Rumah Sosial Qutub Kab Tegal menyarankan untuk dishodaqohkan untuk diolah melaui Yayasan Rumah Sosial Qutub Kab Tegal sehinga bagi hasil dari pengumpulan minyak jelantah ini bisa digunakan untuk pemberdayaan umat dan masyarakat luas.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, secara diserahkan Jirigen Yayasan Rumah Sosial Qutub Tegal secara simbolis kepada Ketua Ketua DPD LDII Tegal sebagai tanda kerjasama yang baik diantara keduanya. Ketua DPD LDII Kab Tegal Drs H Walidi W Martama MM menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Assosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Cabang Kab Tegal dan Yayasan Rumah Sosial Qutub Tegal dan bersyukur mendapat materi sosialisasi ini, dan menyatakan LDII memang konsisten peduli terhadap Lingkungan Hidup dan membuka pintu selebar-lebarnya terhadap semua pihak yang mempunyai visi misi yang sama terhadap Lingkungan Hidup. (TAAgungY/Wicak)

Oleh: TAAgung Y (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

The post LDII Tegal Gelar Sosialisasi Limbah Jadi Berkah appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/ldii-tegal-gelar-sosialisasi-limbah-jadi-berkah/

built with : https://erahajj.co.id