Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Bali – Serukan Pesan Perdamaian dan Kerukunan antar Umat

Kategori : Berita, Hubungan Antar Lembaga, LDII Bali, Ditulis pada : 26 Agustus 2008, 22:10:04

Ditengah-tengah makin mahalnya sebuah kerukunan, kekompakan dan persaudaraan yang makin tergerus di bumi nusantara ini. Pesan-pesan perdamaian tampaknya menjadi salah satu upaya yang cukup jitu untuk mengingatkan kembali akan pentingnya persatuan dan kesatuan diantara perbedaan yang ada. Karena hakikinya perbedaan tersebut merupakan rahmat yang justru harus disikapi dengan arif dan bijaksana.Hikmah inilah yang bisa dipetik dari pesan sarat makna yang disampaikan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia provinsi Bali bersama-sama kepolisian daerah Bali (Polda Bali) dalam sebuah acara dakwah bertajuk ‘Ceramah Umum tentang Pembinaan Umat untuk Meningkatkan Terwujudnya kerukunan,Kekompakan Inter dan Antar-Umat Beragama oleh Polda Bali yang digelar di gedung serbaguna LDII, di kawasan Padang Griya, Denpasar pada Kamis (7/2/2008) lalu.

Dalam kegiatan tersebut Kompol Drs.H.M Dasir selaku pembicara utama menyatakan, “Akhir-akhir ini persaudaraan dan persatuan memang sedikit terlupakan, karena perbedaan aliran, perbedaan partai, dan lain sebagainya. Tetapi bagaimana pun juga kita harus menciptakan kerukunan untuk bisa hidup berdampingan secara damai dan tentram,”jelas H.M Dasir di hadapan ratusan umat yang hadir pagi hingga siang hari tersebut.

Untuk itu beliau menghimbau agar kerukunan di kalangan internal maupun antar umat beragama bisa dipupuk dan dikembangkan secara terus menerus. ”Mari kita saling memaafkan, dan menyadari serta melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik agar dalam perjalanan kita tidak salah persepsi, yang bisa bermuara pada timbulnya sebuah perpecahan,” tambah pria yang aktif membina umat di Masjid Polda Bali ini.

Sejalan dengan itu, Wakil Ketua DPD LDII Provinsi Bali selaku Ketua Panitia acara, H.Abdullah Sutrisno menjelaskan, selama ini LDII berupaya untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Bahkan di Bali, LDII kerap melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga agama di luar Islam serta lembaga terkait lainnya. Ia menambahkan berbagai aktifitas yang pernah digelar dengan menggalang kerjasama tak hanya kalangan muslim semata, misalnya khitanan massal, dimana kegiatan tersebut juga diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan berkhitan dengan tujuan kesehatan. Selain itu acara rutin tahunan seperti hari raya Qurban, pihak LDII juga selalu menyertakan umat-umat agama lain dalam mendistribusikan pembagian daging qurban.

Sumber : (HUMAS LDII BALI)

built with : https://erahajj.co.id