Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

FKUB Tabanan: LDII Berkontribusi Positif dalam Kerukunan Antar Umat Beragama

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 04 Maret 2021, 10:14:50

Tabanan (24/2). Kerukunan antarumat beragama, membuat Kabupaten Tabanan diganjar Harmony Award dari Kementerian Agama RI. Toleransi antarumat beragama memang menjadi perhatian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tabanan. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua FKUB Tabanan, H. Anwar Haryono saat menerima kunjungan pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tabanan, Rabu (24/2).

Kerukunan umat beragama merupakan salah satu kunci mempercepat pembangunan Tabanan, “Saya selaku Ketua I Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tabanan juga ingin mengajak LDII bersinergi terus menjaga kerukunan umat beragama di Tabanan,” ujar Anwar di Kantor FKUB Tabanan, Jalan Gunung Agung.

Menurut Anwar, LDII selama ini berkontribusi positif terhadap kerukunan masyarakat Tabanan. Saat ada acara FKUB, LDII selalu hadir. Karena itu, lanjut Anwar, ketika FKUB diminta mendaftarkan nama tokoh-tokoh agama penerima vaksin Covid-19, salah satu yang didaftarkan adalah perwakilan dari LDII Tabanan.

Anwar mendaftarkan Dewan Penasehat DPD LDII Tabanan H. Sunoto, sebagai anggota FKUB. Perlu diketahui H. Sunoto adalah Ketua DPD LDII Tabanan periode 2015-2020. Dalam struktur FKUB, setiap agama diwakili tiga orang, “Dari tokoh muslim yang didaftar ada Ketua MUI, terus saya sendiri, dan H. Sunoto. Tapi, kalau Mas Sandi (Ketua LDII 2020 – 2025) mau menggantikan saya divaksin juga boleh,” gurau Anwar disambut tawa peserta audiensi.

Rencana lain yang sedang digodok FKUB Tabanan yaitu menjadikan kantor FKUB sebagai rumah bersama umat beragama. Terutama kegiatan yang berkaitan dengan kerukunan umat, “Kalau ada masalah keagamaan bisa diselesaikan di Kantor FKUB. Ini sebagai bentuk harmoni keagamaan,” tegas pendiri Yayasan Rumah Aspirasi Ummat itu.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Tabanan, Maulana Sandijaya menyatakan siap bersinergi menjaga kerukunan umat beragama di Tabanan. “Kami warga LDII Tabanan memiliki moto: merawat kerukunan umat beragama, menjaga NKRI berlandaskan Pancasila,” ujar Sandi.

Bukti konkret menjaga kerukunan yaitu acara bersih-bersih lingkungan yang dituangkan dalam program LDII Merersik. Warga LDII ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan bersih-bersih di sekitar Banjar Malkangin, tempat secretariat DPD LDII Tabanan berdiri. (KIM)


Sumber berita : https://ldii.or.id/fkub-tabanan-ldii-berkontribusi-positif-dalam-kerukunan-antar-umat-beragama/

built with : https://erahajj.co.id