Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Siapapun Ketua Terpilih, LDII DKI Jakarta Konsisten pada Moderasi Beragama

Kategori : LDII News, Organisasi, Ditulis pada : 15 November 2020, 02:39:46

Jakarta (15/11). DPW LDII DKI Jakarta menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada Minggu (15/11). Perhelatan ini untuk memilih ketua DPW LDII DKI Jakarta, untuk masa jabatan 2020-2025. Harapannya, kepengurusan yang terpilih dapat menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Untuk menjawab dinamika ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang sangat tinggi di jantung Jakarta.

“Jakarta sebagai ibu kota menjadi kiblat nasional dalam dinamika masyarakat madani. Sebagai ormas Islam, DPW LDII Jakarta terus memberdayakan anggotanya dengan pembangunan karakter. Agar lahir insan profesional religius sebagai modal membangun Jakarta,” ujar Ketua DPW LDII DKI Jakarta, Teddy Suratmadji.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat madani, DPW LDII DKI Jakarta berkontribusi langsung dalam pembangunan Jakarta. Targetnya, menciptakan masyarakat profesional religius yang memiliki sikap alim-fakih (memahami agama Islam dengan baik), berakhlak mulia (akhlakul karimah), dan mandiri, “Saya meyakini, pribadi yang memiliki kecerdasan dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi, namun tanpa diimbangi iman dan takwa, akan hanya menciptakan kerusakan,” papar Teddy.

Menurutnya, nilai-nilai moral yang tinggi hanya bisa didapatkan seseorang melalui religi, “Di situlah peran LDII dalam membangun karakter dan moralitas,” ujarnya. Ia berharap Muswil nantinya, mampu menyusun pengurus yang memahami dinamika sosial kemasyarakatan DKI Jakarta, yang merupakan Indonesia mini.

Sebagai miniatur Indonesia yang memiliki keberagaman, menurut Teddy, Jakarta membutuhkan ormas Islam yang menerapkan moderasi beragama, “Kami konsisten dengan prinsip-prinsip Islam washatiyah, untuk itu LDII selalu berinteraksi, berdialog, dan terbuka dengan semua pihak,” ujarnya. Moderasi beragama ini, bagi Teddy sangat penting, sebagai modal membangun Jakarta. “Islam adalah agama yang menjadi rahmat bagi alam semesta, untuk itu, LDII juga mengembangkan sikap solutif dalam berbagai permasalahan di Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengarah (SC) Muswil LDII DKI Jakarta, Tri Gunawan Hadi, mengatakan Muswil nantinya digelar secara daring dan luring. Peserta daring meliputi para ulama, dewan penasehat, dan pengurus DPD hingga PC se-DKI Jakarta, “Kami perkirakan peserta mencapai 560-an orang dari lima kota administratif dan satu kabupaten. Mereka tergabung dalam 45 studio mini,” ujar Tri Gunawan Hadi. Sementara yang hadir langsung, dibatasi hanya 20 orang, untuk menyesuaikan denga protokol kesehatan.

Tri Gunawan Hadi mengatakan, tema “Kontribusi Berkelanjuta LDII dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Profesional Religius untuk Jakarta yang Maju dan Tangguh”. Menurutnya, tema ini akan mengerucutkan beberapa program, di antaranya meningkatkan penguasaan teknologi komunikasi dan informasi, untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

“Pandemi Covid-19, mengubah kebiasaan warga hingga dalam urusan mata pencaharian. Kami menjadikan pandemi ini sebagai lompatan untuk melakukan literasi digital bagi warga LDII,” ujar Tri Gunawan Hadi.

Selain itu, era digital ini juga dilakukan untuk mendukung pembangunan karakter, yang selama ini menjadi bidang dakwah utama LDII, “Kami telah melakukan MOOC atau kursus terbuka secara masif, dalam rupa pengajian sepanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Jakarta. Namun, usai pandemi, kami akan terus meningkatkan pemanfaatan MOOC ini,” imbuh Tri Gunawan Hadi. Terutama untuk meningkatkan kualitas SDM, untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan pembangunan.

Menurut Tri Gunawan Hadi, yang tak kalah pentingnya adalah Muswil DKI Jakarta juga menekan berbagai program yang berkaitan dengan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah bashariyah, dan ukhuwah wathoniyah, untuk mewujudkan Jakarta yang adil dan makmur.

Dalam Muswil LDII DKI Jakarta, juga dilaksanakan peluncuran buku doa untuk generus dengan sentuhan teknologi, “Seluruh doa dihubungkan dengan video online dengan QR Code,” tutup Teddy Suratmadji.


Sumber berita : https://ldii.or.id/siapapun-ketua-terpilih-ldii-dki-jakarta-konsisten-pada-moderasi-beragama/

built with : https://erahajj.co.id