Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Peserta Musda IX 2020 Jember Tetapkan Ketua DPD LDII Baru

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 19 Oktober 2020, 13:52:55

Jember (19/10) – Gelaran Musyawarah Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (Musda DPD LDII) Kabupaten Jember (17/10) dibuka Bupati Jember dan ditutup doa oleh Ketua MUI Jember secara daring.

Musyawarah ini digelar dengan tujuan yakni; memilih dan menetapkan pengurus DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025, menilai Laporan Pertanggung Jawaban DPD LDII Kabupaten Jember pada masa bakti sebelumnya, menyusun program kerja DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025, menyusun pernyataan MUSDA, dan menetapkan keputusan-keputusan lainnya. Ketua DPD LDII Kabupaten Jember sebelumnya, Sunardi dalam laporan pertanggungjawabannya yang dibacakan di hadapan peserta Musda menyampaikan bahwa sembilan puluh persen program kerjanya telah dilaksanakan dengan baik.

Seperti yang disampaikan ketua panitia Dwi Aerio Suseso, Musyawarah Daerah LDII Kabupaten Jember merupakan forum tertinggi dalam proses pengambilan keputusan organisasi pada tatanan kepengurusan tingkat Kabupaten. Berbagai program yang telah dilaksanakan dan yang belum berjalan telah dilaporkan oleh Sunardi di hadapan peserta Musda IX DPD LDII Kabupaten Jember. Laporan-laporan yang dibacakan Sunardi secara umum telah diterima oleh semua peserta Musda.

Dari pandangan umum dan keputusan komisi A sampai komisi C menyatakan pentingnya program-program berkelanjutan DPD LDII Kabupaten Jember. Beberapa usulan program kerja kedepan, DPD LDII Kabupaten Jember sudah waktunya memiliki Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), program kelanjutan pembimbingan keluarga bahagia, program pengembangan dan bimbingan kesejahteraan masyarakat, program peningkatan Da’i bersertifikat, dan lain-lain.

Mengingat waktu dan masa pandemi covid 19, dalam sidang paripurna MUSDA IX DPD LDII Kabupaten Jember disepakati penyampaian pandangan umum PC LDII dibagi dalam 5 wilayah koordinator kecamatan (Korcam); Korcam tengah, Korcam Utara, Korcam Barat, Korcam Selatan, dan Korcam Timur. Masing-masing korcam ditunjuk salah satunya sebagai ketua Korcam untuk penyampaian pandangan umumnya.

Ketua PC LDII Patrang, Mujiyanto mewakili Korcam wilayah tengah meliputi Kecamatan Patrang, Kecamatan Sumbersari, Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Tegal Besar, dan Kecamatan Panti, sepakat mengusulkan Akhmad Malik Affandi, SP sebagai ketua masa bakti 2020-2025.

Ketua PC LDII Pakusari, Sugiyono mewakili Korcam wilayah Utara meliputi Kecamatan Kalisat, Kecamatan Pakusari, Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Jelbuk sepakat perlu adanya kader muda sebagai calon ketua. Sugiyono bersama ketua PC lainnya mengusulkan Akhmad Malik Affandi sebagai calon ketua LDII 2020-2025.

Melalui pandangan umumnya dari wilayah barat Akhmad Riyadi selaku ketua Korcam bersama ketua PC di wilayah barat sepakat dan mantap mengajukan Akhmad Malik Affandi untuk meneruskan program-program LDII masa bakti 2020-2025.

Sementara rekan sewilayahnya, ketua Korcam wilayah Selatan, Hermanto S.Pd bersama ketua PC wilyah barat sangat yakin dan tegas mendukung Akhmad Malik Affandi adalah kader terbaik untuk menjadi ketua DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025.

Ketua Korcam timur, Sirojudin dari PC Mayang mengapresiasi program kerja kepemimpinan Sunardi. Melihat perkembangan organisasi dan tantangan organisasi kedepan, bersama ketua PC dari wilayah timur Sirojudin mengusulkan kader muda Akhmad Malik Affandi untuk bisa ditetapkan sebagai ketua DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025.

Akhirnya melalui pemilihan aklamasi, H. Akhmad Malik Affandi, SP menjadi calon tunggal dan secara resmi sebagai ketua DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025, melalui sidang paripurna MUSDA IX DPD LDII Kabupaten Jember pada Sabtu, 17 Oktober lalu.

Panji organisasi LDII Kabupaten Jember diserahkan oleh Ketua DPW LDII Provinisi Jawa Timur, KH. Amrodji Konawi kepada H.Akhmad Malik Affandi.

Amrodji menekankan kepada Akhmad Malik sebagai ketua DPD LDII Kabupaten Jember masa bakti 2020-2025 untuk senantiasa mengedepankan tugas pokoknya bersama dengan ormas Islam lainnya yaitu amar ma’ruf, nahi munkar. Amrodji juga berpesan untuk senantiasa menerapkan 6 tabiat luhur, yaitu rukun, kompak dan kerjasama yang baik, jujur, amanah dan bekerja keras.


Sumber berita : https://ldii.or.id/peserta-musda-ix-2020-jember-tetapkan-ketua-dpd-ldii-baru/

built with : https://erahajj.co.id