Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

DPW LDII Provinsi Bali Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Denpasar (4/9) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali menggelar seminar bertema "Konsep Wawasan Kebangsaan & Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari" pada Rabu malam, 4 September 2024. Acara ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna LDII Bali yang terletak di Padangsambian, Denpasar.

Seminar yang dihadiri oleh ratusan juru dakwah dan pengurus LDII Bali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga LDII akan pentingnya wawasan kebangsaan dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Pemateri utama dalam seminar ini adalah I Komang Kusumaedi, Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan & Karakter Bangsa, serta Plt. Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama & Ormas.

Seminar Wawasan-2.jpg

Dalam pemaparannya, I Komang Kusumaedi menjelaskan tentang wawasan kebangsaan sebagai sebuah pandangan atau pemahaman mengenai identitas, kesatuan, dan kebersamaan suatu bangsa. Di dalamnya mencakup rasa cinta, kebanggaan, dan tanggung jawab terhadap negara serta komitmen untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan kedaulatan bangsa.

"Konsep ini melibatkan pemahaman mendalam tentang sejarah, budaya, nilai-nilai, dan cita-cita bersama yang mengikat setiap warga negara untuk bekerja sama demi kepentingan nasional dan kesejahteraan bersama," kata Kusumaedi.

Senada, Ketua DPW LDII Provinsi Bali H Olih Solihat Karso mengingatkan kepada seluruh elemen warga LDII untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang wawasan kebangsaan agar bisa terus berkontribusi menyongsong Era Indonesia Emas. Oleh karena itu, LDII Bali akan terus bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk mewujudkan semua ini.

Seminar Wawasan-4.jpg

"Dengan menerapkan wawasan kebangsaan secara konsisten, diharapkan dapat memperkuat jati diri warga LDII sebagai bangsa Indonesia dalam bingkai keberagaman yang menjadi kekuatan utama dalam menyatukan berbagai perbedaan," kata H Olih.

H Olih Solihat menambahkan bahwa sesuai petunjuk dan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), LDII Bali telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagai bukti nyata penerapan wawasan kebangsaan. Diantaranya dengan ikut mensukseskan Kerja Bakti Nasional LDII, mengikuti upacara peringatan hari-hari besar nasional, memberi pembekalan tentang penggunaan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab, mengadakan acara "menyama braya" dengan warga sekitar untuk melestarikan kearifan lokal budaya bermasyarakat di Bali dan banyak lagi lainnya.

Seminar Wawasan-6.jpg

Dalam kesempatan itu, H Olih Solihat Karso tak lupa mengapresiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali atas dukungan dan kerjasama yang baik dengan DPW LDII Provinsi Bali dalam membina warga LDII di Bali agar menjadi warga Indonesia teladan dalam berwawasan kebangsaan.

"Acara seminar ini sebagai wujud sinergitas LDII dan Bakesbangpol Bali. Harapan kami, warga LDII Bali mendapat pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai keberagaman yang kaya akan budaya dan nilai-nilai luhur ini," pungkasnya. (das)

built with : https://erahajj.co.id