Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Informasikan Daur Ulang, Expo Rakernas LDII Helat Workshop Kerajinan Barang Bekas

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 07 November 2023, 10:40:35

Jakarta (7/11). DPP LDII menggelar workshop “Pemanfaatan Bahan Bekas untuk Kerajinan”, di area Expo Rakernas LDII 2023. Acara tersebut merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII 2023 yang diselenggarakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajurrosyidiin, pada Selasa (7/11).

Narasumber acara tersebut adalah Pendiri Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Erni Suhaina Ilham Fadzry. Ia mengatakan permasalahan sampah bukan urusan pemerintah saja, namun juga menjadi urusan pemilik sampah itu sendiri.

Menurut Alumni Sastra Inggris Universitas Padjajaran itu, beberapa kota telah darurat sampah. “Maka dari itu, saya mengajak bersama untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang kita hasilkan sendiri,” ajak Erni.

Sampah merupakan masalah jika tidak dimanfaatkan dengan baik. “Saya mendapatkan rekor MURI pada gaun pernikahan. Semua ornamen dalam gaun tersebut dibuat dengan memanfaatkan limbah sampah. Tentunya ini menjadi suatu karya yang berkah, indah, serta bernilai jual,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga meraih Indonesia Green Award 2012 kategori Green Local Hero dari Kementerian Kehutanan dan Kementerian Perindustrian.

Dalam Workshop tersebut, ia memperlihatkan hasil karya gaun di hadapan pengunjung expo yang dibuat dari limbah sampah. “Lapisan gaun tersebut dibuat dari spanduk bekas. Selanjutnya, bagian bawahnya dari bungkus kopi serta bagian atasnya seperti tas kresek ialah plastik bungkus jeruk,” paparnya.

Hal ini memperjelas bahwa dengan membuang sampah, sama halnya dengan membuang rupiah. “Karena energi, semakin lama akan semakin habis. Namun ada sebuah energi yang makin lama, makin banyak ialah sampah. Dengan mengumpulkan sampah dan memanfaatkannya, dapat menambah pundi-pundi rupiah dan berkah,” tutupnya. (TY/Lines).

The post Informasikan Daur Ulang, Expo Rakernas LDII Helat Workshop Kerajinan Barang Bekas appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/informasikan-daur-ulang-expo-rakernas-ldii-helat-workshop-kerajinan-barang-bekas/

built with : https://erahajj.co.id