Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Badung Hadiri Undangan Kesbangpol dalam Acara Sosialisasi Ormas

Kategori : Berita, LDII Bali, Hubungan Antar Lembaga, LDII, Organisasi, Ditulis pada : 25 Agustus 2023, 08:14:40

IMG-20230824-WA0074.jpg

Mangupura (24/8) - LDII Badung memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah dalam pembinaan dan pemberdayaan Ormas di Kabupaten Badung.

Wakil Ketua dan Sekretaris DPD LDII Badung dengan antusias menghadiri undangan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Badung dalam acara Sosialisasi Ormas.

Acara berlangsung pada hari Kamis, 24 Agustus 2023, di Ruang Rapat Madya Gosana Sekretariat DPRD Kabupaten Badung. Hadir sebagai narasumber, Kasat Intelkam Polres Badung, AKP I Made Gede Segara Yasa dan Kasi Intel Kejari Badung, I Gde Ancana.

Ni Putu Eka Rastuti, Kabid Ketahanan Ekonomi Bakesbangpol Badung, dalam sambutannya menegaskan pentingnya komunikasi dan silaturahmi yang baik antar ormas dalam menjaga keamanan dan persatuan masyarakat. Terutama menjelang Pemilihan Umum, di mana potensi konflik antar masyarakat dapat meningkat.


"Ormas memiliki peran penting dalam pencegahan dini terjadinya konflik di masyarakat agar jangan sampai merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi di era perkembangan informasi media sosial yang begitu pesat. Tanggung jawab ormas untuk ikut meredam potensi konflik dalam masyarakat dan berperan aktif dalam mensukseskan pemilu sangat diharapkan," ujar Putu Eka.

Pendapat serupa diungkapkan oleh Kasat Intelkam Polres Badung, AKP I Made Gede Segara Yasa. Ia menggarisbawahi bahwa dalam suasana menjelang Pemilihan Umum yang berpotensi menimbulkan ketegangan, peran Ormas dalam menjaga kedamaian dan kerukunan menjadi semakin signifikan. Oleh karena itu, penting bagi ormas untuk mengenali potensi konflik hingga langkah-langkah pencegahan dan penyelesaian jika sampai terjadi konflik di masyarakat.

IMG-20230824-WA0075.jpg
"Tidak dipungkiri, disaat Pemilihan Umum potensi konflik itu meningkat karena adanya kompetisi, tapi kita harus belajar dari kearifan para pendiri bangsa dalam menghadapi perbedaan dan merumuskan ideologi nasional yang inklusif. Mari menjunjung tinggi warisan para pahlawan yang telah mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia ini," pesannya.

Menanggapi acara sosialisasi ormas ini, Wakil Ketua LDII Badung, Bagus Suwito, mengungkapkan apresiasinya terhadap usaha Badan Kesbangpol dalam membina ormas yang terdaftar di Kabupaten Badung.

"Sosialisasi Ormas ini membuktikan peran Pemerintah dalam melindungi dan memperkuat jaminan hak berkumpul dan berorganisasi warganya. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bermanfaat untuk memperkuat kapasitas dan peran LDII Badung," ujar Bagus Suwito.

Acara Sosialisasi Ormas ini tidak hanya menjadi wadah berdiskusi, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan membangun sinergitas untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan persatuan bagi Ormas yang ada di Kabupaten Badung.(das)

built with : https://erahajj.co.id