Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Jatipurno Gelar Perkemahan CAI, Bangun Generasi Muda Peduli Lingkungan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Juli 2023, 03:33:05

Wonogiri (26/7). PC LDII Jatipurno menyelenggarakan perkemahan Cinta Alam Indonesia (CAI) di Bumi Perkemahan Samaharjo, Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Barat pada Minggu (16/7). Kegiatan ke-44 ini bertujuan untuk membangun generasi penerus yang mencintai tanah air dan peduli terhadap lingkungan.

Ketua PC LDII Jatipurno, Suyoto, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terselenggaranya acara perkemahan CAI tersebut. Ia menyadari pentingnya upaya memperkuat rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda, sekaligus membentuk pemuda yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

“Dengan mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Samaharjo, acara ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan dan menikmati keindahan alam sekitar. Alam yang asri dan indah di Kabupaten Wonogiri menjadi latar yang tepat untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Suyoto menjelaskan LDII Jatipurno berupaya membina dan melatih peserta, agar menjadi generasi yang berakhlakul karimah, alim, faqih, dan mandiri. “Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan keterampilan life skill kepada peserta agar mereka siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ungkapnya.

Dalam perkemahan ini, peserta diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan edukatif, termasuk pelatihan tentang pentingnya melestarikan alam dan lingkungan, “Mereka diajarkan tentang bagaimana mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, serta pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem yang seimbang,” katanya.

Tak hanya itu, kegiatan-kegiatan keagamaan dan kebersamaan juga menjadi bagian dari acara ini, “LDII Jatipurno berharap dapat memberikan dampak positif bagi peserta dan lingkungan sekitar. Generasi muda yang mengikuti perkemahan ini dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan alam dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air,” inginnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Jatipurno, Mawan Tri Hananto, menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap acara Perkemahan CAI. Ia menyadari betapa pentingnya melibatkan pemuda dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan sekaligus memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air.

“Perayaan pembukaan juga dirangkai dengan penanaman pohon oleh para peserta. Penanaman pohon ini memiliki tujuan ganda, yakni untuk menginspirasi peserta tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan sekitar,” tandas Mawan. Menurutnya, penghijauan dapat meningkatkan kesadaran mereka dalam rangka berkontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang berbudaya lingkungan.

Mawan mengharapkan, perkemahan CAI menjadi momentum bagi warga di wilayah Jatipurno, untuk memperkuat kesadaran masyarakat pentingnya cinta terhadap tanah air dan peduli terhadap lingkungan. (FWI/LINES)

The post LDII Jatipurno Gelar Perkemahan CAI, Bangun Generasi Muda Peduli Lingkungan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-jatipurno-gelar-perkemahan-cai-bangun-generasi-muda-peduli-lingkungan/

built with : https://erahajj.co.id