Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Dukung Pemanfaatan Media Sosial, LDII Sleman Gelar Pelatihan Desain Grafis

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 20 Juli 2023, 11:14:21

Sleman (20/7). DPD LDII Kabupaten Sleman menggelar pelatihan desain grafis. Acara berlangsung di kompleks kantor DPD LDII di Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu (19/7).

Pelatihan tersebut diikuti 100 peserta yang berasal dari perwakilan Pengurus Cabang (PC) LDII seluruh Kapanewon se-Kabupaten Sleman, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta serta pemuda LDII se-DIY.

Hadir pada kesempatan ini, Ketua Departemen Komunikasi, Informasi dan Media (KIM) DPP LDII Ludhy Cahyana, Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Sleman, dan pengurus harian DPD LDII Kabupaten Sleman.

Dalam kesempatan itu, Ludhy Cahyana memotivasi kepada peserta dengan mengajak mengingat kembali Ronggoworsito seorang pujangga besar budaya Jawa yang terkenal dengan ramalannya. “Salah satu ramalan yang cocok dengan kondisi saat ini, yang disebut zaman edan oleh Ronggowarsito,” ujarnya.

Hal ini ditandai dengan masuknya abad digital, yang melahirkan media sosial sebagai tempat menyampaikan segala hal, bahkan kebenaran dan kebobongan bercampur-baur, lanjut mantan pewarta Tempo.co itu, “Sehingga begitu bebasnya masyarakat membuat berita. Salah satu dampak yang dirasakan, banyak tersebar berita hoaks di masyarakat. Fenomena abad digital, kita makin terhubung, tetapi juga kian rapuh,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, agar warga LDII bisa memanfaatkan media sosial, untuk penyebaran informasi yang berguna dan terlihat menarik dengan kemampuan desain grafis yang mumpuni.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Sleman Suwarjo menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta agar dapat memberikan informasi yang positif dan menarik kepada masyarakat.

“Saya berharap agar hasil pelatihan bisa dikembangkan para peserta untuk membuat desain menarik dalam publikasi berita. Yang penting ada tindak lanjut setelah pelatihan ini,” harap Dosen Fisipol Universitas Widya Mataram Yogyakarta itu.

Pada kesempatan itu, prinsip dasar desain grafis sampai cara membuat pamflet dikupas tuntas oleh narasumber sekaligus Koordinator Media Sosial LINES DPP LDII, M. Ichsan Ramadhan, selama hampir sehari penuh pelatihan ini. “Pada intinya, ada tiga hal mendasar tentang desain, yakni memiliki tujuan, memiliki elemen dan memiliki prinsip,” tuturnya di hadapan seluruh peserta.

The post Dukung Pemanfaatan Media Sosial, LDII Sleman Gelar Pelatihan Desain Grafis appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/dukung-pemanfaatan-media-sosial-ldii-sleman-gelar-pelatihan-desain-grafis/

built with : https://erahajj.co.id