Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

PPG LDII Jaksel Gelar Talkshow Tingkatkan Kualitas Diri Sebelum Menikah

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 05 Juli 2023, 09:45:56

Jakarta (5/7). Pembina Penggerak Generasi Penerus (PPG) LDII Jakarta Selatan menyelenggarakan Talkshow dengan topik “Mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah”. Acara tersebut berlangsung pada Minggu (2/7) di Masjid Baitul Malikirrahman, Pancoran, Jakarta Selatan.

Acara digelar untuk mengedukasi generasi muda LDII sebagai upaya persiapan diri hidup berumah tangga. Acara tersebut menghadirkan Praktisi Keluarga Hj. Mamaju Utami sebagai pemateri.

Pada kesempatan itu Bu Uut, panggilannya, menjelaskan bahwa pemuda harus sejak awal mempersiapkan diri berumah tangga, salah satunya berupaya menentukan calon mempelai pilihan sebelum menikah.

“Jadi sesuai sabda Nabi SAW, bahwa dalam memilih pasangan itu ada empat perkara, yaitu harta, keturunan, paras, dan agama. Namun, apabila hendak memilih, maka pilihlah seseorang yang punya kepahaman agama. Sebab dengan demikian, setinggi-tingginya derajat pasangan kita, maka dia akan tetap menghargai dan menghormati pasangannya,” ungkapnya.

Uut juga menyampaikan dalam materinya, bahwa seorang laki-laki atau perempuan ketika sudah menikah memiliki peran penting kepada pasangannya masing-masing dalam membangun rumah tangga.

“Allah SWT telah memberikan keutamaannya, maka dari itu seorang laki-laki yang sudah menikah memiliki hak dan kewajiban. Untuk menjadi suami yang saleh harus memiliki kebijakan mengelola peran istri dan keluarganya,” tuturnya.

Laki-laki memiliki kewajiban memberi perlindungan dan keamanan melalui nasehat pada keluarga, menafkahi lahir dan batin, “Sedangkan seorang istri yang salehah menurut Nabi Muhammad SAW adalah yang selalu berusaha terlihat menyenangkan jika bersama suaminya, memiliki sikap taat dan mampu menjaga diri serta hartanya,” jelas Uut.

Ia menambahkan, tidak hanya seorang suami yang menjadi penggembala (penanggung jawab) di dalam keluarga, namun seorang istri juga menjadi penggembala di dalam rumah suaminya.

“Seorang istri itu dipercaya untuk menjaga dan merawat anak serta harta dari suaminya. Untuk itu istri harus paham cara mendidik anak dan mengatur keuangan. Istri harus mendidik anak berdasarkan zaman, sebab tumbuh kembang seorang anak cepat. Maka dari itu istri harus memperbanyak mencari ilmu khususnya dalam mendidik anak,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, generasi muda LDII khususnya di usia nikah, agar terus berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik, meningkatkan ibadah serta kualitas diri.

“Kalau dalam surah An-Nur ayat 26, dijelaskan laki-laki yang buruk untuk perempuan yang buruk dan sebaliknya, lalu laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik dan sebaliknya,” tegas Uut.

Untuk itu diperlukan kesiapan diri sebelum memantapkan diri untuk menikah. Ia meminta generasi muda meningkatkan kualitas diri, jika ingin mendapatkan pasangan yang kualitasnya juga baik.

Di akhir acara, ia berharap, para generasi muda semakin bersikap terbuka menentukan pasangan hidupnya, sehingga dalam membina kehidupan rumah tangga tujuannya tercapai.

“Berumah tangga tidak seindah pemikiran kita. Keindahan berumah tangga dilihat dari kerukunan dan kekompakkan serta saling menerima, mendukung, dan saling memaafkan,” tutupnya.

The post PPG LDII Jaksel Gelar Talkshow Tingkatkan Kualitas Diri Sebelum Menikah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ppg-ldii-jaksel-gelar-talkshow-tingkatkan-kualitas-diri-sebelum-menikah/

built with : https://erahajj.co.id