Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Alami Cedera ACL, Ini yang Dilakukan Taufiq Gelandang PERSIK Kediri

Kategori : LDII News, Kesehatan, Ditulis pada : 29 Juni 2023, 08:06:25

ACL atau anterior cruciate ligament adalah cedera yang umum bagi para atlet, khususnya atlet sepak bola. Cedera itu terjadi pada ligamen lutut aterior, yakni otot penghubung tulang paha bagian bawah dengan tulang kering guna menjaga kestabilan gerak lutut.

Adalah Taufiq, gelandang andalan klub sepak bola PERSIK Kediri. Bersama Ben Kasyafani dan Budi Sudarsono di podcast LINES TALK beberapa minggu lalu, ia menceritakan pengalaman tak mengenakkan itu saat bertanding di putaran pertama menit ketiga, ia merebut bola dari lawan. “Saat itulah cedera terjadi dan nyangkut di rumput lapangan,” jelasnya.

Meski demikian, situasi memaksa Boss Opiq (panggilannya) untuk tetap bermain, karena jumlah pemain kurang. Kenyataannya, ACL juga sempat mengganggu mental Opiq saat berlaga. Hal itu pun mempengaruhi performa Taufiq di lapangan.

Pascapenyembuhan, Taufiq menjalani prosedur pemulihan yang sangat ketat dengan rutin mendatangi dokter fisioterapi. Ia juga berupaya memulihkan mental, menyemangati dirinya untuk bisa segera sembuh dengan menaruh banyak bola di kamarnya.

Lokasi Cedera ACL

Cedera ACL merupakan kondisi yang ditakuti dan bahkan mimpi buruk bagi para atlet. Hal tersebut juga disampaikan oleh mantan pemain timnas Indonesia, Budi Sudarsono. “Bagi atlet sepak bola, ACL adalah kondisi terparah, apalagi jika sampai putus. ACL itu posisinya di tengah seperti kabel, fungsinya untuk ngerem saat kita berlari. Yang menguatkan ACL ini adalah otot yang di sekitar lutut, kekuatannya di betis dan paha,” ujarnya.

Selain faktor internal dari fisik, atlet tersebut perlu melakukan warming up untuk mencegah terjadinya ACL. Penyebab lainnya adalah faktor eksternal seperti kualitas infrastruktur lapangan yang kurang memadai. Budi mengatakan faktor itu juga mempengaruhi performa atlet. “Yang saya lihat kejadian seperti itu, kalau kita sleding di Indonesia itu, lapangannya tidak sebaik di Eropa, kalau di Eropa sebelum main lapangan disiram supaya ketika sliding kakinya tidak nyangkut.”

Dengan semakin majunya pengobatan terhadap cedera, ACL tidak semengerikan dahulu. Teknologi modern telah membantu pengobatan dan pemulihan pascacedera cukup beragam, seperti adanya fisioterapi, dokter spesialis yang menangani cedera para atlet, serta beragam suplemen obat dan vitamin. (PR/Lines)

The post Alami Cedera ACL, Ini yang Dilakukan Taufiq Gelandang PERSIK Kediri appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/alami-cedera-acl-ini-yang-dilakukan-taufiq-gelandang-persik-kediri/

built with : https://erahajj.co.id