Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Budi Utomo Jadi Tuan Rumah Monumen Pers Goes to School Pertama

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Mei 2023, 08:46:10

Surakarta (23/5). Pondok Pesantren (Ponpes) Budi Utomo Surakarta, Jawa Tengah, menjadi tuan rumah Monumen Pers Goes to School pertama di Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo, serta para siswa dan pengurus pondok pesantren pada Rabu (16/5/2023).

“Monumen Pers Goes to School adalah inisiatif yang bertujuan untuk memperkenalkan sejarah pers di Indonesia kepada generasi muda dan mengembangkan minat serta bakat mereka di bidang jurnalistik,” ujar Widodo.

Menurutnya, Ponpes Budi Utomo Surakarta dipilih sebagai lokasi pertama untuk acara ini, sebagai pengakuan terhadap sejarah pergerakan pers yang kuat di Solo, dan pentingnya pendidikan dalam bidang jurnalisme.

Widodo Hastjaryo melanjutkan, sejarah pers di Indonesia perlu dikenang karena pentingnya kebebasan berekspresi, serta peran pers dalam mewujudkan masyarakat demokratis, “Kami memberikan kesempatan para siswa untuk mempelajari dan mengembangkan minat bakatnya seperti penampilan siswa yang mahir tiga bahasa, pencak silat, drama pelajar, silat sarung, serta pameran karya siswa, Dengan begitu, ekspresi diri para siswa bisa tersalurkan,” jelas dia

Monumen Pers Goes to School di Ponpes Budi Utomo Solo menjadi momentum penting dalam memperkenalkan sejarah pers kepada generasi muda. Dan juga mendorong mereka untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang jurnalistik.

“Melalui acara ini, diharapkan akan lahir generasi muda yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peran pers dalam masyarakat dan siap untuk berkontribusi dalam memajukan dunia jurnalistik di masa depan,” kata Widodo.

Perhelatan itu mendapatkan tanggapan positif dari pengasuh Ponpes Budi Utomo, KH. Muhammad Thoyibun, yang mengapresiasi inisiatif tersebut. Ia menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran Monumen Pers Goes to School di Ponpes Budi Utomo, “Pengenalan sejarah pers kepada para santri sangat penting dalam membentuk pemahaman yang baik tentang peran pers dalam masyarakat,” ujar KH Thoyibun.

Ia menekankan pentingnya memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah pers, terutama di era digital saat ini, di mana informasi dapat dengan mudah disebarluaskan, “Melalui Monumen Pers Goes to School, para santri akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang kebebasan berekspresi, etika jurnalistik, dan tanggung jawab sosial dalam menggunakan media,” katanya.

KH Thoyibun juga menekankan pentingnya memadukan nilai-nilai keislaman dengan keahlian dalam dunia jurnalistik. “Kami berharap bahwa para santri yang tertarik dengan jurnalistik dapat mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam pekerjaan mereka, termasuk etika, kejujuran, dan tanggung jawab sosial,” pungkasnya. (FWI/LINES)

The post Ponpes Budi Utomo Jadi Tuan Rumah Monumen Pers Goes to School Pertama appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-budi-utomo-jadi-tuan-rumah-monumen-pers-goes-to-school-pertama/

built with : https://erahajj.co.id