Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pelatihan Jurnalistik Jadi Ajang Kaderisasi Jurnalis LDII Kota Bekasi

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Mei 2023, 05:33:09

Bekasi (23/5). Departemen Komunikasi Informasi dan Media (KIM) DPP LDII mengisi acara pelatihan jurnalistik yang diikuti seluruh PAC LDII se-Kota Bekasi. Pelatihan berlangsung di Pondok Pesantren Kanzul Mubarok, Kota Bekasi, pada Minggu, (21/5/2023). Pelatihan ini bertujuan untuk menjadi ajang kaderisasi jurnalis muda di LDII Kota Bekasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD LDII Kota Bekasi, Ary Widjanarko mengatakan, pelatihan jurnalistik menjadi salah satu pembentukan karakter Tri Sukses Generasi Penerus.

“Kaderisasi jurnalis muda ini menjadi salah satu target dari LDII Kota Bekasi untuk menjadi jurnalis profesional. Salah satunya harus mengerti kode etik jurnalistik dan dibalut dengan karakter Tri Sukses Generasi Penerus, yaitu Alim-Faqih, Akhlakul Karimah dan Mandiri,” tuturnya.

Ketua DPD LDII Kota Bekasi, Ary Widjanarko, mengungkapkan harapannya bahwa acara ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dalam pengembangan keterampilan jurnalistik mereka. Ia berharap peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam menjalankan tugas mereka sebagai jurnalis yang profesional dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Dewan Penasihat DPD LDII Kota Bekasi H. Heri Sofriyadi membahas pentingnya pelatihan jurnalistik dalam meningkatkan wawasan peserta dan mencegah penyebaran berita hoaks. “Dalam era informasi yang semakin berkembang pesat, kemampuan untuk menghindari berita hoaks menjadi keterampilan yang sangat penting,” ujarnya

Heri Sofriyadi mengajak peserta untuk menjadi penulis cerdas yang mampu membedakan fakta dan opini, serta menyampaikan berita yang akurat dan berimbang. “Peserta diberikan pemahaman tentang cara mengidentifikasi berita hoaks dan menjaga integritas sebagai jurnalis,” katanya.

Selain itu, Anggota KIM DPP LDII, Fachrizal Wicaksono, membahas mengenai kode etik jurnalistik, peristiwa yang memiliki nilai berita, dan teknik wawancara. Ia menekankan pentingnya menjunjung tinggi etika jurnalistik dalam melaksanakan tugas.

“Peserta diberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh seorang jurnalis, termasuk kejujuran, akurasi, dan keberimbangan dalam melaporkan berita. Selain itu, peserta juga diajarkan untuk mengidentifikasi peristiwa yang memiliki nilai berita tinggi dan bagaimana melakukan wawancara yang efektif untuk mendapatkan informasi yang mendalam,” tuturnya.

LDII Kota Bekasi berharap pelatihan semacam ini akan terus dilakukan untuk mendukung perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia.

The post Pelatihan Jurnalistik Jadi Ajang Kaderisasi Jurnalis LDII Kota Bekasi appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pelatihan-jurnalistik-jadi-ajang-kaderisasi-jurnalis-ldii-kota-bekasi/

built with : https://erahajj.co.id