Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sesepuh Pencak Silat Ingatkan Agar Perguruan Silat Jangan Berpecah-Belah

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 23 Mei 2023, 03:52:25

Jakarta (23/5). Sesepuh Pencak Silat Mayjen TNI (Purn.) Eddie Marzuki Nalapraya berpesan kepada para pesilat agar menjaga persatuan dan mengedepankan budi pekerti luhur. Hal itu ia sampaikan dalam perhelatan “Silaturrahim Syawal Pencak Silat Indonesia”.

Acara yang diadakan Pengurus Besar (PB) PERSINAS ASAD, di Padepokan PERSINAS ASAD, Ponpes Minhajurrosyiddin, Jakarta, pada Minggu, (20/5). Pada kesempatan itu, ia mengingatkan perguruan-perguruan pencak silat, agar tidak berkonflik karena masalah sepele.

Menurutnya pengalaman menunjukkan banyak perguruan yang terpecah belah karena ego masing-masing. Pencak silat itu budaya yang seharusnya dipertahankan dan ditingkatkan beserta aspek-aspek luhurnya.

“Misal sebelum latihan itu kita mengaji dulu supaya akhlak baik dan tidak narkoba. Setelah itu, kita melatih fisik hingga memperoleh ketahanan jasmani. Ini disebut aspek mental dan fisik. Lalu soal aspek security dan aspek prosperity. Kedua aspek ini bisa menunjang ketahanan nasional,” katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat periode 1984-1987 itu juga menambahkan, pesilat harus memiliki hati yang bersih dan memegang teguh kejujuran. Anggota pencak silat sekarang juga harus punya semangat yang lebih tinggi lagi.

“Dulu silat dibilang olahraga kampungan. Namun sekarang bisa mengharumkan nama bangsa. Saya bangga dengan tamu yang hadir telah sukses di dunia pencak silat. Mari kita jadikan Silaturrahim Syawal tradisi pencak silat yang tidak boleh kita lupakan,” katanya.

Sementara itu Ketua Harian PB IPSI, Beny Gautama Sumarsono yang juga memberikan sambutan, bangga dengan keberhasilan pesilat Indonesia yang berhasil meraih 16 medali di Sea Games Kamboja 2023. Menurutnya tanpa persatuan, budi luhur, dan komunikasi yang baik, tentu saja keberhasilan itu tidak akan terwujud.

“Peraih medali emas dari Perguruan PERSINAS ASAD, Khoirudin Mustakim menjadi pesilat terbaik. Ini berkat kepemimpinan Bapak Agus Susarso, pelatih, dan sesepuh PERSINAS ASAD yang mendidik dan memberi motivasi yang baik untuk anak-anak didik. Saya harapkan kebersamaan ini bisa terjalin untuk seluruh perguruan besar dan perguruan historis,” katanya.

Lebih lanjut Beny Gautama Sumarsono juga mengajak perguruan yang ada di luar PB IPSI bekerja sama memasyarakatkan pencak silat, baik itu di dalam negeri maupun di kancah Internasional. PB IPSI akan mengakomodir perguruan-perguruan yang belum memiliki AD/ART agar bisa diterima kepengurusan IPSI di daerah.

“Saya apresiasi yang setinggi-tingginya pada para pengurus PB ASAD ini yang semakin besar. Tolong berbagi ilmunya. Target ke depan, bagaimana pencak silat bisa dibanggakan di ajang Olympic dan ajang internasional lainnya. Mari seruluh perguruan pencak silat mempromosikan pencak silat yang berbudi luhur. Jangan sampai ada perseteruan,” katanya.

Ketua Umum PB PERSINAS ASAD, Brigjen TNI (Pur) H. Agus Susarso dalam sambutannya menjelaskan, perhelatan dengan tema “Pendekar Berkarakter Luhur Pusaka Pemersatu Bangsa” itu mengundang 10 perguruan historis, lima perguruan anggota PB IPSI, dan perguruan lokal di Jabodetabek.

Menurut Agus Susarso, PB PERSINAS ASAD memamandang bahwa perguruan lokal maupun yang ada di luar perguruan PB IPSI perlu diwadahi dan diberi ruang. Mereka adalah aset budaya bangsa.

“Kami memberi kesempatan perguruan silat non-anggota IPSI untuk menampilkan silat agar tidak terabaikan. Kami berterimakasih atas kehadiran kawan-kawan perguruan. Mari kita jadikan Padepokan PERSINAS ASAD menjadi rumah persatuan antar sesama perguruan silat,” ujarnya.

The post Sesepuh Pencak Silat Ingatkan Agar Perguruan Silat Jangan Berpecah-Belah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sesepuh-pencak-silat-ingatkan-agar-perguruan-silat-jangan-berpecah-belah/

built with : https://erahajj.co.id