Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Wali Barokah Jadi Tuan Rumah Halalbihalal Para Pendidik Agama Usia Dini

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 16 Mei 2023, 05:44:32

Kediri (16/5). Forum Komunikasi Pendidikan Quran (FKPQ) dan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Kediri, Jawa Timur, menyelenggarakan Halalbihalal dan Sarasehan di Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Barokah LDII Kota Kediri, pada Rabu malam (10/5).

Acara tersebut merupakan momentum silaturahim bagi 100 lebih ketua LPQ dan MDT Kota Kediri di bulan Syawal 1444 H. Ketua FKPQ Kota Kediri M. Adilla Mazwa Abduh (Gus Abduh) menyampaikan terima kasih atas penyambutan pihak Ponpes Wali Barokah, sekaligus mengapresiasi langkah FKDT Kota Kediri yang menginisiasi kegiatan yang positif dan strategis.

“Insya Allah ke depan kami bersama rekan-rekan FKPQ siap berkolaborasi dengan teman-teman FKDT dalam acara dan program lain,” kata Gus Abduh yang juga ustadz di Ponpes Al Ishlah Bandar Kidul Kediri.

Sebagai informasi TPQ/LPQ di Kota Kediri berjumlah 270 lembaga. Tiap tahun mengadakan program peningkatan mutu pendidik Alquran melalui Majelis Tahsin Qiroat Alquran, yang angkatan ke-2 akan diwisuda pada pertengahan Juni 2023. Setelah itu akan ada Tahsin lagi gelombang berikutnya yang bisa diikuti para pendidik dari LPQ maupun MDT.

Di samping itu juga ada Musabaqoh Tilawatil Quran bagi anak-anak TPQ/LPQ. Program tersebut telah menghasilkan santri-santri berbakat di bidang tilawah, khat, tahifdz, dan lain-lain. Di antaranya Subhi Arya Saputra dari TPQ Mambaun Nasyiin Burengan – qori’ dalam acara tersebut, yang bakatnya terlatih oleh para tutor tilawah dari program Quran Massive (Qurma).

Dengan program Qurma diharapkan dapat membantu meningkatkan SDM para pendidik/ guru TPQ/LPQ. “Untuk itu kami menginginkan Qurma ini terus istiqomah dijalankan oleh Pemkot Kediri, dan kami terus mengkampanyekan ke anak-anak TPQ untuk melanjutkan jenjang pembinaan agamanya di MDT,” lanjut Gus Abduh.

Harapan yang sama juga diungkapkan Ketua FKDT Kota Kediri KH. Melvin Zainul Asyiqin (Gus Iing). Hendaknya FKDT dan FKPQ mempunyai peran yang lebih, termasuk bagaimana agar pelajar di Kota Kediri dapat mempelajari agama yang baik, khususnya memiliki akhlakul karimah.

“Kami juga ingin seperti daerah-daerah lain yang mengambil kebijakan Wajib Ngaji di TPQ dan Madin Bagi Siswa Sekolah Formal,” kata Gus Iing yang juga pengasuh Ponpes Almahrusiyah Lirboyo Kota Kediri.

Gus Iing juga mendorong lembaga penyelenggara diniyah Madin untuk bisa melegalformalkan lembaganya, agar guru-guru Madin bisa sejahtera melalui program bantuan insentif dari pemerintah. Gus Iing meyakini dengan sejahteranya guru-guru Madin akan dapat meningkatkan kompetensi dalam mendidik santrinya. “Harapan kami yang ditambah tidak hanya nominalnya, tetapi juga kuotanya,” ungkap Gus Iing.

Sementara itu, Ketua Ponpes Wali Barokah KH. Sunarto dalam sambutannya menyampaikan, penunjukan Ponpes Wali Barokah untuk membantu memfasilitasi kegiatan tersebut disambut dengan baik dan antusias. “Hal ini merupakan ladang amal solih bagi kami, hidup akan terasa indah jika bisa saling membantu, saling taawun,” ujar KH Sunarto.

KH Sunarto menuturkan bahwa saling membantu tidak sekadar retorika belaka. Hal ini dibuktikan dengan hubungan antar sesama muslim di Kota Kediri yang cukup solid, bisa saling memahami dan menghormati, di diwujudkan dalam acara tersebut.

“Orang iman itu selalu menghormati tamu. Untuk itu saya menyambut gembira dan menghaturkan bersyukur kepada Gus Iing dan Gus Abduh atas amanat yang diberikan beliau berdua kepada kami dalam membantu penyelenggaran acara ini”, ucap KH Sunarto.

Acara Halalbihalal dan Sarasehan tersebut dikemas ala pesantren dengan duduk lesehan, serta tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain, termasuk dalam hal penyambutan.

Semula panitia acara dari FKPQ dan FKDT Kota Kediri akan mengundang 300 orang. Namun, yang dapat hadir hanya 130 orang. “Bagi kami hal itu tidak menjadi masalah, toh ini tahap awal dalam sebuah acara yang digagas FKPQ dan FKDT,” lanjut KH Sunarto. (Mzdha)

The post Ponpes Wali Barokah Jadi Tuan Rumah Halalbihalal Para Pendidik Agama Usia Dini appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-wali-barokah-jadi-tuan-rumah-halalbihalal-para-pendidik-agama-usia-dini/

built with : https://erahajj.co.id