Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Jambi Berpartisipasi dalam Penentuan 1 Syawal

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 27 April 2023, 13:37:49

Jambi (27/4). Pemerintah melalui Kementrian Agama Republik Indonesia menggelar sidang isbat pada pada 29 Ramadan dengan melibatkan berbagai unsur seperti ahli astronomi, alim ulama, perwakilan duta besar negara tetangga, MUI dan beberapa ormas Islam termasuk LDII.

Pada kesempatan itu, DPW LDII Jambi juga ikut andil dalam momen yang ditunggu-tunggu umat muslim itu pada Kamis (20/4). Bertempat di Gedung Mahligai Kota Jambi, Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Jambi H. Achyar Rosyidi, menjelaskan pada media bahwasanya dirinya bersama tim menyiapkan peralatan terbaik dalam pantauan kali ini.

“Kami siapkan SDM terbaik, teleskop dan alat penunjang yang cukup baik dengan spek tinggi,” jelasnya. Dan selanjutnya, hasil pantauan kami dan teman-teman inilah yang akan dilaporkan ke Kakanwil Kemenag dan menjadi bahan pertimbangan Kemenag RI,” tuturnya.

Ia mengatakan, teknologi saat ini sudah memudahkan pengamat hilal. Permasalahannya, bagaimana mereka bisa mengamati di titik yang tepat. Lalu memperhatikan rentang tempat melihat. Saat ini cuaca begitu rawan hujan terus menerus. Kalau hilal tertutup, maka selesai karena hilal tidak bisa terlihat.

“Kami perlu memperbanyak tenaga yang lokasinya dari Sabang sampai Merauke. Harapannya memperbesar peluang melihat hilal. Maka pengamat hilal harus punya pengalaman, bukan sekedar ilmu dan menghitung. Ini adalah keahlian yang terus menerus,” katanya.

Ia juga mengatakan kemampuan menyaksikan hilal bukan sekedar punya alat yang canggih. Jangan sampai hilal sudah terlihat, tapi karena masalah kemampuan akhirnya juga tidak bisa melihat,” tuturnya.

Tampak hadir dalam acara pemantauan hilal tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi H. Zoztafia, perwakilan NU, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta awak media.

The post LDII Jambi Berpartisipasi dalam Penentuan 1 Syawal appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-jambi-berpartisipasi-dalam-penentuan-1-syawal/

built with : https://erahajj.co.id