Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Mengenal Satuan Zeni, Korps Militer Tertua di Indonesia

Kategori : LDII News, Artikel, Ditulis pada : 18 April 2023, 05:47:19

Ketika terjadi peperangan, tidak banyak yang menyadari siapa yang berperan penting mengurus persenjataan dan perlengkapan di Angkatan Darat. Ya, adalah satuan Zeni, sebagai pemberi bantuan tempur dan bantuan administrasi untuk melancarkan pergerakan pasukan.

Satuan Zeni tercatat menjadi korps militer tertua di Indonesia, yang dibentuk pada tanggal 15 Oktober 1945. Mulanya, Zeni dibentuk dari lembaga bernama Pusat Pendidikan Zeni.

Seiring berjalannya waktu, pada 15 April 1950, terjadi serah terima antara Depot Genie Troepen KNIL kepada TNI AD. Momen itu, akhirnya dikenang sebagai hari lahirnya Zeni.

Dalam tugas operasi militer perang, satuan Zeni berperan memberikan dukungan mobilitas dalam memperlancar manuver dan meningkatkan daya tahan pasukan itu sendiri. Di lain pihak, juga menciptakan kontra mobilitas untuk menghambat manuver pasukan lawan.

Sementara itu, dalam tugas operasi selain perang, satuan Zeni sangat diandalkan dalam penanggulangan bencana alam, maupun kegiatan yang mendukung program pemerintah.

Zeni, memiliki satuan-satuan operasional yang berperan sebagai unsur bantuan tempur dan bantuan administrasi. Beberapa hal terkait bantuan tempur adalah menghancurkan kubu-kubu pertahanan lawan, menyiapkan perbekalan air dan listrik, serta melaksanakan kegiatan konstruksi dan rehabilitasi terhadap fasiltias satuan sendiri, maupun fasilitas masyarakat yang rusak.

Sedangkan, bantuan administrasi berupa perbaikan rumah penduduk yang rusak, perbaikan jalan dan jembatan, perbaikan konstruksi jalan, pemberian bantuan keamanan, memelihara rute perbekalan, menyiapkan fasilitas posko, dan mematangkan atau menyiapkan lahan untuk kepentingan masyarakat.

Melihat betapa besarnya jasa satuan Zeni dalam menjaga eksistensi bangsa Indonesia, maka sudah sepantasnya apresiasi diberikan, salah satunya, seperti memeringati Hari Zeni setiap tanggal 15 April.

The post Mengenal Satuan Zeni, Korps Militer Tertua di Indonesia appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/mengenal-satuan-zeni-korps-militer-tertua-di-indonesia/

built with : https://erahajj.co.id