Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tips Penuhi Gizi Dengan Makanan Sehat Selama Berpuasa

Kategori : LDII News, Kesehatan, Tahukah Anda, Ditulis pada : 05 April 2023, 16:16:17

Manusia memerlukan asupan makanan bergizi. Persoalannya, apakah asupannya sama antara saat tidak berpuasa dengan kala berpuasa? Adakah kriteria makanan khusus yg direkomendasikan untuk dikonsumsi orang yang berpuasa? Yuk kita ulas bersama dengan pakar gizi.

Kebutuhan gizi orang yang berpuasa pada dasarnya sama dengan orang yang tidak berpuasa. “Kebutuhan gizi tetap harus terpenuhi, untuk porsi makan tergantung tinggi badan individu masing-masing. Jadi, semakin tinggi seseorang, artinya boleh makan lebih banyak. Jika lebih pendek maka makanannya lebih sedikit,” ujar ahli gizi RS Islam Sari Asih Ar-Rahmah Tangerang, Annisa Nurjanah.

Makanan sehat selama berpuasa

Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga stamina saat berpuasa adalah makanan yang lama dicerna dan diserap oleh tubuh, artinya makanan tinggi serat yang membuat kita kenyang lebih lama. Contohnya nasi merah yang seratnya lebih tinggi dibandingkan nasi biasa. Tapi jika kurang suka, bisa di kombinasikan nasi merah + nasi putih. Atau nasi putih saja pun tidak apa, tetapi lengkapi dengan sayur berkuah, protein yang mengandung air tinggi seperti susu atau bisa diganti putih telur, serta lengkapi juga dengan buah yang tinggi air seperti semangka atau melon.

Makanan yang perlu dihindari selama berpuasa

Hindari makanan yang berlemak seperti goreng-gorengan, makanan yang terlalu manis, makanan bersantan, makanan pedas atau asam yang bisa merangsang peningkatan asam lambung. Hindari juga makan dengan porsi yang besar. Saat tubuh tidak menerima asupan nutrisi yang seimbang pada saat menjalankan puasa penurunan daya tahan tubuh menjadi sangat mungkin terjadi. Hal ini bisa menurunkan produktivitas dan mudah terkena virus/penyakit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tips pengolahan makanan

Cara pengolahan makanan yang dianjurkan yaitu mengurangi proses menggoreng dengan deep fry/minyak yang banyak. Karena makanan menyerap minyak jenuh lebih banyak. Dianjurkan memasak dengan teknik menumis, memanggang dan merebus. (inggri/LINES)

The post Tips Penuhi Gizi Dengan Makanan Sehat Selama Berpuasa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/tips-penuhi-gizi-dengan-makanan-sehat-selama-berpuasa/

built with : https://erahajj.co.id