Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Raih Arsiparis Teladan 2023, Astoto Nugroho Siap Sukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Kategori : LDII News, Artikel, Ditulis pada : 04 April 2023, 07:54:37

Arsiparis Ahli Muda Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Astoto Nugroho, terpilih menjadi Arsiparis Teladan tahun 2023. Penobatan tersebut diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada 6 Maret 2023 sebagai Arsiparis Teladan I KLHK Tahun 2023 Kategori Keahlian.

Bekerja pada Unit Pelaksana Teknis Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta, Astoto menginisiasi metode rencana kerja kontrol pada kegiatan kearsipan, “Mewujudkan rencana kerja kontrol dari simpul terkecil untuk menyukseskan transformasi digital dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” kata Astoto.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diketahui memiliki 13 eselon I, 86 eselon II dan lebih dari 100 unit pelaksana teknis yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua, “Dengan banyaknya unit kerja yang ada di KLHK harus ada metode rencana, kerja, kontrol dari lini paling bawah sebagai simpul terkecil jaringan informasi kearsipan nasional,” ujarnya.

Dikatakan Astoto, BBPSIK Yogyakarta telah menerapkan metode rencana kerja kontrol dalam kegiatan kearsipan yang membuahkan kinerja kearsipan kategori AA (sangat memuaskan) dalam audit internal KLHK pada tahun 2022. Metode tersebut telah diikuti oleh beberapa unit pelaksana teknis bahkan oleh biro perencanaan KLHK.

“Fokus metode ini, menyederhanakan teori manajemen agar lebih mudah diaplikasikan di lapangan, sekecil apapun kegiatan kearsipan harus direncanakan dengan matang, dikerjakan sungguh-sungguh, dan dikontrol secara terukur. Adapun output dari metode rencana kerja kontrol berupa penataan arsip, penyusutan arsip dan alih media arsip,” jelasnya.

Menurut Astoto, penataan arsip yang terencana dari awal kegiatan dan terkontrol sampai akhir kegiatan akan menjamin terwujudnya pengelolaan arsip yang baik, dengan demikian transformasi digital akan lebih mudah terwujud, dan pembangunan IKN Nusantara akan semakin cepat.

Ia berujar, tiada kehidupan tanpa catatan sejarah, tiada fungsi suatu organisasi tanpa bukti kinerja, tiada kinerja tanpa bukti arsip tercipta. Arsip akan menjadi sumber data, maka wajib ada Rencana-Kerja-Kontrol dalam proses penciptaannya.

“Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki banyak arsip sebagai sumber data, dengan rencana yang matang kinerja yang nyata, dan kontrol yang terukur, maka KLHK akan siap mewujudkan transformasi digital dan pembangunan IKN,” pungkasnya.

The post Raih Arsiparis Teladan 2023, Astoto Nugroho Siap Sukseskan Pembangunan IKN Nusantara appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/raih-arsiparis-teladan-2023-astoto-nugroho-siap-sukseskan-pembangunan-ikn-nusantara/

built with : https://erahajj.co.id