Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tingkatkan Silaturrahim, LDII Jakut Gelar Pengajian Safari Ramadan 1444 H

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 29 Maret 2023, 09:05:22

Jakarta (29/3). DPD LDII Jakarta Utara (Jakut) mengadakan Pengajian Safari Ramadan 1444 H Bersama MUI Jakarta Utara di Masjid Syarif Hidayatullah, Koja, pada Sabtu, (25/3) dengan penceramah KH. Nur Alam Bahktir, Dewan Penasehat MUI Jakarta Utara.

Ketua DPD LDII Jakarta Utara Pudya dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan silaturrahim antara ulama dan umaro yang ada di Jakarta Utara. Menurutntya, ulama berkewajiban untuk membimbing akidah dan akhlak umat, sedangkan umaro berkewajiban untuk membuat dan melaksanakan kebijakan pembangunan demi kemaslahatan warga masyarakat.

“Dengan terjalinnya silaturrahim antara ulama dan umaro maka akan semakin meningkatkan kinerja kedua pihak dalam membangun kota Jakarta Utara. Sebagaimana slogan kita: “Sukses Jakarta Utara Untuk Indonesia”,” tutur Pudya

Lebih lanjut, Pudya menambahkan bahwa LDII sebagai salah satu elemen masyarakat sudah lama ikut berkontribusi dalam memajukan Jakarta Utara. Ormas memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat, baik pemberdayaan internal anggota, maupun terjun langsung di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan sosial, penyalur aspirasi, pemelihara dan pelestari norma kehidupan masyarakat, “LDII dari awal sudah sepakat dengan “Empat Konsesus Dasar Kebangsaan” yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ikan dan NKRI,”katanya.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Utara yang diwakili oleh Camat Koja Samsu Rizal Kadafi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Safari Ramadan yang dilaksanakan oleh LDII Jakarta Utara. Samsu juga menyampaikan bahwa belakangan ini terjadi fenomena tawuran remaja pada saat menjelang waktu sahur.

“Kami mengajak kepada warga LDII untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus minta tolong agar para orang tua untuk mengarahkan kepada putra putrinya agar tidak ikut tawuran,” katanya.

Selaras dengan arahan Samsu Rizal Kadafi, Komandan Kodim 0502 JU yang diwakili oleh Danramil 01-Koja Mayor Inf. Akhwan dalam sambutannya juga mengajak kepada warga LDII untuk membantu meningkatkan Kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

“Semakin mendekati Lebaran, gangguan Kamtibmas cenderung semakin meningkat, maka peran warga masyarakat sangat diperlukan, yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan, kepedulian, kerukunan dan kekompakan antar warga masyarakat,” katanya.

Sementara itu, KH. Nur Alam Bahktir dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa manusia memiliki dua kebutuhan, yaitu kebutuhan basyariah (kebutuhan untuk bersenang-senang) dan kebutuhan insaniyah (kebutuhan intelektual dan spiritual yang perlu diajari). Selain itu manusia juga ada dalam dua dimensi, yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

“Sebagai makhluk individu manusia bisa menjadi sombong dan angkuh apabila salah dalam bergantung, yang akhirnya hidupnya seperti laba-laba yang merupakan makhluk penyendiri. Ketika manusia menjadi sombong, maka jika memiliki ilmu setinggi langitpun tidak akan ada artinya,” katanya.

Sedangkan sebagai makhluk sosial hidupnya akan berdampingan untuk saling mengenal dan mengerti satu sama lain. Maka kunci terwujudnya keharmonisan sebagai makhluk sosial adalah faham.

“Maka saya sangat mengapresiasi LDII yang mengadakan acara Safari Ramadhan seperti ini. Tujuan diadakan Safari ini adalah untuk mendapatkan kepahaman. Dan kepahaman yang paling fundamental adalah karakter. Dialog harus terus dilakukan oleh ulama dan umaro untuk mencapai kefahaman dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujarnya saat menutup acara.

The post Tingkatkan Silaturrahim, LDII Jakut Gelar Pengajian Safari Ramadan 1444 H appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/tingkatkan-silaturrahim-ldii-jakut-gelar-pengajian-safari-ramadan-1444-h/

built with : https://erahajj.co.id