Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Polri Intervensi untuk Cegah Ancaman Jadi Nyata

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 26 Maret 2023, 16:14:17

Jakarta (26/03). Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menggelar Tadarus Kebangsaan yang diikuti oleh LDII dan 14 ormas Islam lainnya, di Ballroom Hotel Royal Kuningan, Jakarta (25/03).

Pada kesempatan itu, Korps Pembinaan Masyarakat Baharkam Polri (Korbinmas) Baharkam Polri Kombes Pol Hari Purnomo, yang mewakili Kepolisian Republik Indonesia mengatakan, pentingnya kegiatan ini untuk mewujudkan suatu negeri yang di dambakan.

“Untuk mewujudkan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur, tidak bisa sendiri-sendiri, perlu adanya gotong royong dan sinergi antar ormas. Dan kerja sama umara dan ulama untuk guyub, rukun, bahu-membahu membina masyarakat, agar mereka mempunyai partisipasi yang lebih aktif dalam mengamankan lingkungan tempat tinggalnya,” ucap Hari.

Polri dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada tugas, pokok, dan fungsinya (Tupoksi) yang tertulis dalam pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian. Peraturang tersebut yang menyebutkan tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Polri melakukan langkah preventif dan langkah represif. Kami menyoroti pada langkah tindakan preventif, karena yang kita pahami bersama bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” imbuh Hari.

Menurutnya, langkah-langkah preventif salah satunya dengan intervensi kepada segala macam potensi gangguan. Agar risiko gangguan tersebut tidak meningkat, menjadi suatu bentuk ancaman gangguan atau gangguan nyata.

Polri bekerja sama dengan organisasi masyarakat untuk melakukan upaya pembinaan, penyuluhan, dan menata aspek-aspek kehidupan baik itu sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.

“Seperti yang disampaikan KH. Chriswanto Santoso Ketum LDII, membuat program ketahanan pangan dan BNPT juga melakukan penanaman pohon alpukat dan beberapa kegiatan lain,” tegas Hari.

Diharapkan Polri dan organisasi masyarakat bisa terus bersinergi. Memang itu kata-kata yang mudah diucapkan. Namun dalam pelaksanaannya perlu adanya upaya yang serius dari seluruh elemen dalam rangka bahu membahu mewujudkan masyarakat madani.

The post Polri Intervensi untuk Cegah Ancaman Jadi Nyata appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/polri-intervensi-untuk-cegah-ancaman-jadi-nyata/

built with : https://erahajj.co.id