Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kejari Sragen Helat Jaksa Masuk Pesantren di Ponpes An-Nur

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 28 Februari 2023, 03:37:30

Sragen (28/2). Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen mengadakan program “Jaksa Masuk Pesantren” di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur, yang bernaung di bawah DPD LDII Sragen, pada Kamis (23/2).

Kegiatan tersebut dihadiri 250-an santri yang berasal dari gabungan beberapa ponpes, di antaranya Ponpes Al Manshurin Gabugan Tanon, Ponpes Budi Luhur Gronong Masaran, Ponpes Al Huda Banyurip Sambungmacan, dan para remaja masjid yang bernaung di bawah LDII Kecamatan Tangen, Sragen.

Kasi Intel Kejari Sragen, Mujib Syaris, mengajak para santri dan pengasuh ponpes untuk menjauhi intoleransi dan radikalisme. Ia menjelaskan, intoleransi menjadi pintu masuk seseorang untuk menjadi radikal. Sementara radikal itu, biasanya muncul dari golongan yang mayoritas. “Seperti di negara lain, agama mayoritas di sana cenderung melakukan intoleransi dan radikal terhadap minoritas,” ujarnya.

Bahkan di negara lain, sebut dia, ada seorang yang beragama tertentu melakukan penembakan brutal di tempat ibadah hingga menewaskan banyak orang. “Di Indonesia juga berpotensi munculnya kelompok yang melakukan tindakan intoleransi dan radikal. Kegiatan Jaksa Masuk Pesantren merupakan upaya agar remaja tidak mudah terpapar virus intoleransi dan radikal,” jelas Mujib.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sragen, Minanul Aziz, menekankan para santri bisa melek hukum agar tidak tersandung kasus hukum. Ia juga berharap pesantren yang lain dapat tersentuh program Jaksa Masuk Pesantren. “Mengingat banyaknya pesantren di Sragen,” pungkasnya

The post Kejari Sragen Helat Jaksa Masuk Pesantren di Ponpes An-Nur appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kejari-sragen-helat-jaksa-masuk-pesantren-di-ponpes-an-nur/

built with : https://erahajj.co.id