Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sekolah Pamong Indonesia Langkah LDII Membangun Generasi Masa Depan Bangsa

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Nasional, Ditulis pada : 21 Februari 2023, 12:31:19

Kediri (21/2). DPP LDII kembali menggelar Sekolah Pamong Indonesia (SPI) angkatan kedua di Ponpes Wali Barokah, Kediri, Jawa Tmur. Acara tersebut dimulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2023, yang diikuti 136 peserta yang merupakan perwakilan satuan pendidik yang bernaung di bawah LDII.

Dalam acara tersebut, Ketua DPP LDII Bidang Pendidikan Umum dan Pelatihan (PUP), Basseng menjelaskan mengenai terbentuknya SPI angkatan kedua, “Dasar hukum terselenggaranya acara ini sesuai dengan keputusan Munas VII LDII tentang pengembangan SDM LDII. Sekaligus melanjutkan, hasil Munas IX LDII tahun 2021 tentang delapan bidang kontribusi LDII untuk bangsa,” ujarnya.

Basseng mengatakan, seluruh stakeholder yang membentuk karakter pada peserta didik harus fokus terhadap program bidang pendidikan di lingkungan LDII, “Stakeholder itu meliputi kepala sekolah, guru, pengurus yayasan, tenaga pendidik, orang tua sampai dengan pamong. Pamong memainkan peranan yang signifikan dan penting dalam membentuk karakter profesional religius pada setiap siswa-siswi pada satuan pendidikan.”

Ia menjelaskan, peserta yang hadir merupakan pilihan karena dianggap memiliki potensi. Harapannya, setelah lulus dari SPI, para peserta bisa menjadi pamong yang profesional religius, “Kami menyelenggarakan SPI agar pamong yang mendampingi setiap peserta didik di asrama, sekolah, boarding school, Ponpes, memiliki kompetensi untuk menanamkan karakter, yaitu karakter Tri Suskes dan enam tabiar luhur. Pamong perlu memiliki pengetahuan keterampilan untuk membangun karakter tersebut,” ujar Basseng.

Senada dengan Basseng, Kepala Departemen PUP LDII, Thonang Efendi mengatakan, kompetensi yang dibangun dalam SPI ini meliputi peningkatan kemampuan, keterampilan dan sikap pamong.

“Setiap peserta akan melakukan pembelajaran secara mandiri menyempurnakan kemampuannya, sehingga proses pengembangan kompetensi diri terus berlanjut. Sehingga, nantinya akan menghasilkan pamong yang mampu menanamkan karakter profesioanal religius pada setiap siswa di satuan pendidikannya masing-masing,” ujarnya. (FW)

The post Sekolah Pamong Indonesia Langkah LDII Membangun Generasi Masa Depan Bangsa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sekolah-pamong-indonesia-langkah-ldii-membangun-generasi-masa-depan-bangsa/

built with : https://erahajj.co.id