Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Hadiri Undangan Kemenag Jaksel Sosialisasi Program TPQ

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 13 Februari 2023, 07:16:14

Jakarta (13/2). DPD LDII Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menghadiri undangan dari Kantor Kementerian Agama Kota Jaksel pada Jumat, 10 Februari 2023 bertempat di Aula Lt. 3 Kantor Kemenag Kota Jakarta Selatan. Adapun agenda dari pertemuan tersebut adalah “Sosialisasi Program TPQ – Rapat Koordinasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan Juknis Hibah Tahun 2023” di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam undangan tersebut juga diundang pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid/Taman Pendidikan Alquran (DKM/TPQ) di bawah naungan LDII Jakarta Selatan, dengan agenda teknis terkait pengajuan ijin operasional (Ijop) TPQ dan pengajuan dana hibah bagi guru TPQ. Acara sosialisasi ini disampaikan oleh Kasi Diniyah dan Pontren Kemenag Jakarta Selatan Sukirman.

Acara tersebut dihadiri oleh 37 perwakilan DKM/TPQ di bawah naungan LDII Jakarta Selatan, serta lima orang dari unsur Pengurus Harian DPD LDII Jakarta Selatan.

Sukirman mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk menyampaikan program dari Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta terkait Ijop dan dana hibah untuk guru-guru TPQ di Jakarta. “Pendidikan Quran oleh pemerintah akan diatur, agara punya standar yang jelas dan terukur,” ujarnya.

Sukirman menambahkan bahwa pentingnya aturan ini agar pendidikan TPQ bisa menghasilkan output yang standar. “Menggunakan kurikulum tambahan tidak apa-apa, tetapi penerapan kurikulum nasional itu wajib, ini syarat untuk TPQ bisa mendapatkan Ijop tadi,” ungkapnya.

Menurutnya, perhatian Kemenag Provinsi DKI Jakarta terhadap guru TPQ sangat besar, jadi sudah dianggarkan dana hibah sebesar Rp550.000 per bulan untuk satu orang. Namun, syarat untuk mendapatkan dana hibah ini tentunya harus memiliki Ijop dan lembaganya jelas.

“Tiap-tiap guru mengajukan ke TPQ-nya, kemudian TPQ menyampaikan kepada Forum Pengelola TPQ di tiap-tiap kelurahan, untuk kemudian secara berjenjang disampaikan ke Kemenag Jakarta Selatan, untuk kemudian akan kami verifikasi,” ujar Sukirman.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Jaksel, H. Mulyono menyambut baik acara ini, “Kami merasa senang, karena diundang oleh Kemenag Jakarta Selatan ini, harapannya akan membawa manfaat bagi pembinaan generasi penerus di DKM-DKM naungan kami, yang tentunya akan mendukung percepatan program 8 klaster LDII di bidang SDM,” ujar Mulyono.(IS)

The post LDII Hadiri Undangan Kemenag Jaksel Sosialisasi Program TPQ appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-hadiri-undangan-kemenag-jaksel-sosialisasi-program-tpq/

built with : https://erahajj.co.id