Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kapolres Kota Kediri Kunjungi Ponpes Wali Barokah Tingkatkan Sinergi Harkamtibmas

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 29 Januari 2023, 06:47:55

Kediri (29/1). Kapolres Kota Kediri AKBP Teddy Chandra bersilaturahim ke Ponpes Wali Barokah, Kediri, Jawa Timur, pada Rabu (25/1). Kunjungan tersebut dalam rangka perkenalan sebagai pejabat baru di lingkungan wilayah hukum Polres Kota Kediri kepada tokoh agama dan masyarakat.

“Saya bersama pejabat utama kepolisian berkunjung ke Ponpes Wali Barokah dalam rangka perkenalan dan menjalin komunikasi untuk meningkatkan sinergi dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas),” kata AKBP Teddy Chandra.

AKBP Teddy menilai kunjungan ke tokoh-tokoh agama sangat penting. Mengingat peran sentral tokoh agama sangat diperlukan dalam menjalankan amanah sebagai kepala kepolisian resor di wilayah hukum Kota Kediri.

“Ponpes Wali Barokah sebagai lembaga pendidikan dan LDII sebagai lembaga dakwah, diharapkan dapat bersinergi dan bersatu dengan aparat kepolisian dalam mengedukasi masyarakat. Sehingga berdampak pada Kamtibmas di Kota Kediri yang sudah dikenal dengan kota yang harmoni dan kondusif,” kata AKBP Teddy.

Kunjungannya itu disambut oleh Ketua Ponpes Wali Barokah KH Sunarto, Ketua DPD LDII Kota Kediri H. Agung Riyanto, Ketua HDCI Kediri Raya H. Achwad, serta beberapa pengurus lain.

Dalam kesempatan itu, KH Sunarto mengapresiasi atas kunjungan Kapolres Kota Kediri. “Ponpes Wali Barokah punya hubungan yang sangat baik dengan Polres Kediri Kota, terutama saat pandemi Covid-19 kemarin, kami sangat terbantu dengan pelaksanaan vaksinasi yang diadakan Polres,” kata KH Sunarto.

Ia menegaskan Ponpes Wali Barokah selalu siap bersinergi dengan jajaran kepolisian dan stakeholder yang lain dalam menjaga Kamtibmas di Kota Kediri. Terlebih, sebentar lagi Bandara Kediri akan beroperasi. “Hal ini menjadi tugas dan tantangan kita bersama untuk menjaga agar Kota Kediri bisa selalu aman dan semakin maju,” ujarnya.

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri, sambungnya, merupakan salah satu Ponpes di bawah naungan LDII dan secara teknis operasionalnya di bawah kendali Yayasan Wali Barokah. Dalam melaksanakan kegiatannya, Ponpes Wali Barokah senantiasa mengacu pada program kerja yang telah disusun berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Program Kontribusi LDII Untuk Bangsa dan Negara.

“Fungsi pesantren sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Pesantren, Pondok Pesantren mengemban fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan, lanjutnya, program kontribusi LDII untuk bangsa dirumuskan ke dalam 8 kluster, yang meliputi, Wawasan Kebangsaan; Pendidikan Karakter, Keagamaan dan Dakwah, Ekonomi Syariah, Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup, Kesehatan dan Obat Herbal, Teknologi Informasi, dan Energi Baru Terbarukan.

“Khusus untuk program yang ke delapan ini, pesantren kami sejak tahun 2018 alhamdulillah telah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop Hybride dengan kapasitas 225 KW. Disamping itu juga memanfaatkan PLTS Rooftop bantuan dari Kementerian ESDM dengan kapasitas 25 KW,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kota Kediri Agung Riyanto mengatakan, LDII siap bekerja sama dengan Polri dalam menjaga Kamtibmas. LDII Kota Kediri yang membawahi tiga PC dan 25 PAC akan terus menjalin komunikasi dengan kepolisian sampai tingkat kelurahan.

“Insya Allah bulan depan kami akan silaturahim balasan ke Kapolres Kediri Kota melaksanakan program kerja tahunan, yaitu silaturahim ke jajaran Forkopimda,” kata Agung. (*Mazda)

The post Kapolres Kota Kediri Kunjungi Ponpes Wali Barokah Tingkatkan Sinergi Harkamtibmas appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kapolres-kota-kediri-kunjungi-ponpes-wali-barokah-tingkatkan-sinergi-harkamtibmas/

built with : https://erahajj.co.id