Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kemah Akhir Tahun Sakocab Bekasi, Hindarkan Generasi Muda dari Pengaruh Negatif

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Januari 2023, 09:54:23

Bekasi (3/1). Satuan Komunitas Cabang (Sakocab) Sekawan Persada Nusantara (SPN) Kota Bekasi mengadakan perkemahan akhir tahun bertajuk “ULTRAMANTAP 3” (Ulet, Rajin, Mandiri dan Terampil di Stadion Muda Jaya Community Center (MJCC) Kota Bekasi Jawa Barat, pada Sabtu-Minggu, 31 Desember 2022-1 Januari 2023.

“Kalau dilihat saat ini, pada saat kemah mereka harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Diharapkan dengan adanya perkemahan ini anak-anak bisa lebih mandiri dan terampil,” ujar Ketua Sakocab Kota Bekasi, Aswin Djuanda.

Ketua Gerakan Pramuka Sanggar Madya Utama Pangkalan Sultan Agung itu menegaskan, kegiatan ini sebagai langkah preventif dari kegiatan negatif saat perayaan malam pergantian tahun baru, untuk para peserta didik Pramuka Penggalang dan Penegak.

“Setiap akhir tahun, pergaulan generasi muda sebagian besar sudah tidak selaras dengan norma agama dan budaya bangsa. Untuk mencegah hal itu, salah satunya mereka disibukkan dengan kegiatan yang positif sehingga tidak terpengaruh hal-hal tersebut,” tambahnya.

Aswin menambahkan, kegiatan perkemahan akhir tahun jilid tiga ini menekankan tentang kemandirian dan keterampilan para peserta. “Untuk perkemahan sebelumnya, ditekankan masalah kebersihan dengan mengangkat tema “Zero Waste”. Artinya ketika datang keadaan bersih, pulang pun dalam keadaan bersih. Nah untuk saat ini lebih ditekankan masalah kemandirian dan keterampilan,” paparnya.

Sementara, Kwartir Ranting (Kwaran) Bekasi Selatan Helmi Sucipto Hatibie mengapresiasi kegiatan tersebut. “Alhamdulillah saya lihat kondisi perkemahan yang dilaksanakan Pangkalan Sultan Agung sukses dan bagus. Saya lihat persiapannya betul-betul matang dan adik-adiknya juga semangat,” ungkapnya.

Dia mengatakan juara adalah bonus, yang terpenting bagaimana upaya untuk memberikan yang terbaik dan semangat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan.

“Yang terbaik di Pramuka itu sebenarnya bukan harus menjadi juara tapi berikan yang terbaik untuk diri dan adapun hasilnya adalah bonus. Seperti saat berlatih, mereka sebenarnya berlatih bukan untuk menghadapi kompetisi atau perlombaan tapi berlatih untuk diri sendiri untuk nantinya memberikan kebaikan pada semua orang,” ujarnya. Ia menegaskan, kegiatan ini bisa menjadi contoh yang positif. Saat yang lain hura-hura, adik-adik bisa berkemah, belajar, bahkan mengaji.

The post Kemah Akhir Tahun Sakocab Bekasi, Hindarkan Generasi Muda dari Pengaruh Negatif appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kemah-akhir-tahun-sakocab-bekasi-hindarkan-generasi-muda-dari-pengaruh-negatif/

built with : https://erahajj.co.id