Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Hadiri Undangan FKUB, LDII Tekankan Tri Kerukunan Umat Beragama

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 25 Desember 2022, 16:42:34

Sulsel (25/12). DPD LDII Kabupaten Luwu Timur menghadiri undangan forum diskusi terpumpun atau FGD dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Luwu Timur. Acara bertema “Merawat Kerukunan Umat Beragama dalam Keberagaman Hidup di Luwu Timur” dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Acara dibuka oleh Bupati Luwu Timur, Budiman. Dalam sambutannya, Budiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh organisasi keagamaan, yang telah membantu pemerintah dalam menjaga harmonisasi dan keberagamanan, khususnya di Kabupaten Luwu Timur.

“Tantangan kehidupan beragama, kian hari kian berat. Kehadiran media sosial dalam mewarnai kehidupan beragama dewasa ini, tidak bisa diabaikan. Tidak jarang, media sosial membawa racun, seperti hoaks dan ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Budiman, dibutuhkan figur tokoh-tokoh agama yang mempersatukan, tokoh agama yang merangkul, “Tokoh agama yang wajib memiliki kepiawaian untuk melunakkan perbedaan pilihan dan paham menjadi kekuatan. Sehingga umat tidak terjebak pada pandangan-pandangan yang ekstrim dan melegalkan kekerasan,” pesan Budiman.

Sementara itu, Sekretaris DPD LDII Luwu Timur, Basruddin mengapresiasi undangan dari FKUB. Menurutnya umat beragama supaya memiliki kekeluargaan di bumi batara guru melalui Tri Kerukunan dalam umat beragama, “Di antaranya, kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah serta masyarakat,” pesan Basruddin.

Ia juga mengharapkan, acara diskusi seperti dapat terus berlanjut dan bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahun, “Kami berharap, forum ini bisa menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal dan menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Luwu Timur,” pungkasnya.

Dalam diskusi tersebut, turut hadir Kepala Kesbangpol Guntur Hafid, Perwira Penghubung, Mayor Bachtiar, Wakapolres Luwu Timur Kompol Syamsul, Kepala Kemenag Lutim H Misbahuddin, dan Ketua FKUB Luwu Timur Ardias Barah.

The post Hadiri Undangan FKUB, LDII Tekankan Tri Kerukunan Umat Beragama appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/hadiri-undangan-fkub-ldii-tekankan-tri-kerukunan-umat-beragama/

built with : https://erahajj.co.id