Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sako SPN Ikuti Pelatihan Jurnalistik Kwarda Gerakan Pramuka Lampung

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 17 Desember 2022, 10:14:46

Bandar Lampung (17/12). Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Tingkat Daerah Lampung mengikuti pelatihan jurnalistik yang dihelat Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung dengan tema “Peningkatan Peran dan Fungsi Pewarta Pramuka di Era Digital melalui Platform Media Sosial”. Acara tersebut dihelat pada tanggal 14-15 Desember 2022, di Komplek Kwarda Lampung.

Para peserta merupakan utusan dari Kwartir Cabang (Kwarcab), Satuan Komunitas (Sako), Satuan Karya (Saka), dan Gugus Depan Perguruan Tinggi se-Provinsi Lampung. Ketua Harian Kwarda Lampung Zainuri, saat membuka pelatihan mengungkapkan bahwa Pramuka merupakan organisasi besar, yang sangat beragam dalam sistem pembinaannya, “Mulai dari cinta alam, bakti sosial, hingga di era digital saat ini, Pramuka juga turut andil sebagai garda terdepan dalam pemberitaan,” pungkasnya mewakili Ketua Kwarda (Kakwarda) Gerakan Pramuka Lampung Chusnunia Chalim.

Sementara itu, Wakabid V/Kerja Sama, Humas, dan Informatika Gerakan Pramuka Lampung MD Wicaksono menyampaikan, pelatihan jurnalistik bertujuan memberikan informasi kepramukaan yang aktual kepada masyarakat. “Dengan cepat dan tepat. Serta untuk meningkatkan kreativitas anggota pramuka di era digital,” pungkasnya.

Selanjutnya, pada hari ke-2 pelatihan, peserta diajak mendalami Kode Etik Jurnalistik dan UU ITE yang disampaikan Kepala Divisi Pemberitaan Lampung Post Abdul Gofur. Kemudian Teknik Foto dan Video Jurnalistik serta Media Sosial, oleh Asisten Redaktur Media Online Lampung Post Setiaji Bintang Pamungkas.

Tak hanya berkegiatan di Kwarda, peserta pelatihan jurnalistik juga berkesempatan belajar dunia jurnalistik di Kantor Redaksi Lampung Post, Bandar Lampung. Dalam kunjungan tersebut, peserta diajak mengenal dan belajar proses pembuatan berita. Mulai dari media cetak, media sosial, radio, podcast, hingga youtube.

Asisten Kepala Divisi Pemberitaan Lampung Post Mustaan Basran mengatakan, kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap manuver dunia jurnalistik. “Dengan kecepatan informasi dan media yang sangat beragam. Kami berharap pelatihan ini dapat memajukan pemberitaan mengenai kepramukaan,” ujarnya.

Pelatihan jurnalistik Gerakan Pramuka Kwarda Lampung tersebut turut dihadiri Kepala Pusdiklatda Kardiman Sulisto, Pinsus Pelatihan Jurnalistik Maman Suryaman dan beberapa staf Kwarda Lampung. Adapun utusan dari Sako SPN Tingkat Daerah Lampung adalah Ahmat Nurdin dan Ilham Saputra.

The post Sako SPN Ikuti Pelatihan Jurnalistik Kwarda Gerakan Pramuka Lampung appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sako-spn-ikuti-pelatihan-jurnalistik-kwarda-gerakan-pramuka-lampung/

built with : https://erahajj.co.id