Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Kalimantan Barat Helat Sarasehan Dakwah Rahmatan Lil Alamin

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 05 Desember 2022, 12:57:37

Pontianak (5/12). Ketua DPW LDII Kalimantan Barat (Kalbar) Susanto mengungkapkan, LDII akan terus mendukung upaya stabilitas keamanan bangsa. Langkahnya, dengan menjaga dan merawat kerukunan umat bergama.

“LDII sebagai bagian dari komponen masyarakat memiliki kepentingan agar Kalbar aman dan damai. Karena stabilitas keamanan itu memengaruhi aktivitas sosial, termasuk di dalamnya beribadah kepada Allah SWT,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara sarasehan “Aktualisasi Dakwah Rahmatan Lil Alamin untuk Memperkuat Ukhuwah dalam Merawat Kalbar yang Aman dan Damai”, di Hotel Aston, Pontianak, pada Rabu (30/11).

Ia mengatakan, konsep dakwah yang memperkuat jalinan persaudaraan harus diperkuat. “Masalah keumatan cukup kompleks. Tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus bekerja sama untuk menanganinya,” pungkasnya.

Susanto mengungkapkan, sehebat apapun sebuah organisasi, tidak akan maksimal pencapaian hasilnya jika dikerjakan sendiri-sendiri. “LDII akan selalu terbuka dan berkolaborasi. Majelis ini sebagai bagian dari forum taaruf, dalam upaya saling memahami,” ucapnya.

Menanggapi itu, Ketua MUI Kalbar Bidang Hubungan Luar Negeri Jipridin menegaskan, Rasulullah diutus untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. “Dalam konteks keindonesiaan, berarti ukhuwah. Yakni, mengikat dan merawat persaudaraan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ukhuwah Islamiyah melalui ikatan keyakinan. Sama-sama meyakini enam rukun iman. “Kami mengajak kepada umat Islam, senantiasa berpedoman pada Alquran. Tegaknya umat, dapat dilihat dari akhlaknya. Di sinilah umat Islam perlu bersikap dengan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar tersebut menjelaskan, kualitas umat Islam di Indonesia perlu dijaga. “Merosotnya umat bukan saja dilihat dari ibadahnya, melainkan juga akhlaknya. Oleh karena itu jika ingin dihargai maka perbaiki akhlak sehingga menjadi barometer bagi seluruh umat,” katanya.

Senada, Ketua MUI Kalbar Bidang Penelitian dan Pengkajian, Hermansyah menjelaskan, Islam tidak mengejarkan menilai orang lain, tetapi justru diperintahkan dapat menilai dari diri sendiri. “Jika dirinya baik, maka ketika mengajak orang lain akan mudah diterima. Sehingga, kedamaian akan tercipta,” tegas Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak tersebut.

The post LDII Kalimantan Barat Helat Sarasehan Dakwah Rahmatan Lil Alamin appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-kalimantan-barat-helat-sarasehan-dakwah-rahmatan-lil-alamin/

built with : https://erahajj.co.id