Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sako SPN Hadiri Rakor Penguatan Jukran Sako

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 30 November 2022, 06:25:28

Jakarta (30/11). Rapat Koordinasi Satuan Komunitas Nasional (Rakor Sakonas) yang dihelat oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) mengundang Pimpinan Sako Sekawan Persada Nusantara (Pinsako SPN) yang diwakili oleh Hana Sukarna, dalam penguatan Petunjuk Penyelanggaraan (Jukran) Sako dan laporan kegiatan tahun 2022.

“Kegiatan ini pertemuan antara pimpinan Kwarnas dan pimpinan Sako untuk mereview jukran Sako, apabila ada masukan dari Pinsako yang bagus, maka nantinya Jukran tersebut akan diperbaharui,” kata Hana, Pinsako SPN Nasional.

Bertempat di Gedung Sudirman, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, pada Senin (28/11). Sedikitnya ada enam Sako yang hadir dalam rakor tersebut, di antaranya Sako SPN, Sako SIT, Sako Al Irsyad Al Islamiyyah, Sako Ma’arif, Sako Hidayatullah, dan Sako SIAP.

Menurut Hana, Sako SPN terus bersinergi dalam menamankan nilai luhur Pancasila pada generasi muda, seperti yang diprogramkan oleh Kwarnas yaitu menciptakan Pelajar Pancasila. “Sebelum program Pelajar Pancasila diberikan, Sako SPN sudah lebih dulu mengajak generasi muda menanamkan nilai Pancasila, seperti program internalisasi Pancasila dan NKRI harga mati,” katanya.

Selain itu, Sako SPN turut berpartisipasi dan berkontribusi kepada Kwarnas, Kwarda dan juga masyarakat dalam pembentukan karakter. “Pembentukan karakter kami melalui 6 tabiat luhur (rukun, kompak, kerjasama, amanah, jujur, mujhid muzhid) dan pada tahun ini, kami melaksanakan kegiatan Perkemahan Besar Nasional (Kembesnas) untuk adik-adik penggalang dan Alhamdulillah sukses,” urainya.

Hadir dalam acara, Ketua komisi Kakoma (Saka, Sako dan Gugus Dharma) Mayien TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi sekaligus membuka kegiatan Rakor Sako, dalam sambutannya ia mendukung kegiatan Sako SPN yaitu Kembesnas. “Kami memiliki program pendampingan untuk kegiatan Saka maupun Sako, kemarin kami mendampingi kegiatan Sako SPN perkemahan besar di Jatinangor,” katanya.

Ia menyebutkan, rakor itu nantinya akan ditindaklanjuti dalam Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2023. “Rakor ini kami lakukan satu tahun dua kali pertemuan, dan nantinya hasil dari rakor ini akan kami bawa menuju Munas pada tahun depan,” urainya.

Ludfi mengharapakan Rakor ini bisa mendapat hasil yang terbaik serta terjalin komunikasi yang berkelanjutan antara Sako dan Kwarnas. “Semoga Sako bisa terus berkembang, dan untuk usulan ini semoga kita mampu menghadapi situasi ke depannya,” tutupnya.

The post Sako SPN Hadiri Rakor Penguatan Jukran Sako appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sako-spn-hadiri-rakor-penguatan-jukran-sako/

built with : https://erahajj.co.id