Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sukseskan Hari Amal Bhakti Kemenag, Ponpes Wali Barokah Gelar Baksos Donor Darah

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 16 November 2022, 12:45:55

Kediri (16/11). Kementerian Agama Kota Kediri bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggandeng tiga pondok pesantren menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan itu dalam rangka menyukseskan rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, Rabu (16/11).

Kegiatan yang diikuti ponpes dalam naungan DPD LDII Kota Kediri yakni Nurul Huda Al Manshurin Kresek, Al-Hasun Bangsal, Nurul Hakim Bandar dan dipusatkan di Ponpes Wali Barokah Kota Kediri, Jawa Timur.

Wakil Ketua Ponpes Wali Barokah Ust.Agus DS mengatakan, pihaknya seringkali mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan instansi pemerintah di beberapa tempat. Tetapi pelaksanaan di lingkungan Ponpes Wali Barokah ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan. “Semoga kerja sama ini bisa ditingkatkan dengan kegiatan lain yang tidak kalah bermanfaat,” ujarnya.

Sebelum pelaksanaan, para guru dan santri diberikan pemahaman tentang urgensi donor darah. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mereka terkait pentingnya transfusi darah bagi kesehatan. Hal itu di antaranya, menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tingkat kolesterol, dan menurunkan kadar oksidan dengan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh.

Sementara itu, Wiyono, Staf Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Kediri mengatakan, menjadi pendonor darah secara teratur adalah langkah sederhana, namun hal itu dapat memperkuat komunitas mereka, mendukung sistem kesehatan setempat, dan menyelamatkan nyawa.

“Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat,” kata Wiyono.

Dalam kesempatan itu, Rofiudin Faruq, Kasi PD Pontren Kemenag Kota Kediri mengapresiasi kepada Ponpes Wali Barokah yang telah menghelat aksi donor darah. “Mewakili jajaran Kemenag dan PMI Kota Kediri ikut senang dan bangga dengan guru dan para santri yang mau mengikuti donor darah. Kegiatan ini sangat membantu PMI dalam menyediakan stok darah,” ujarnya.

Kegiatan donor darah tersebut mengangkat tema “Ketahanan Kesehatan Membangun Moderasi Beragama”. Menurut Faruq, salah satu manfaat donor darah bisa menyelamatkan jiwa seseorang, diharapkan guru dan santri Ponpes Wali Barokah secara aktif menjadi pendonor. “Maka dari itu kepada lembaga pendidikan keagamaan lain di bawah naungan Kemenag diharapkan juga dapat melakukan hal yang sama”, ajak Faruq.

Salah seorang santri asal Pekanbaru Auda Dina Aulia yang menjadi pendonor mengatakan kesyukurannya bisa berbagi pada sesama dengan mendonorkan darah. Apalagi dengan donor darah juga bermanfaat untuk kesehatannya. “Kami senang bisa berbuat baik pada sesama, karena sangat membantu sesama bahkan bisa menyelamatkan jiwa seseorang,” ungkapnya. (*/Mazda)

The post Sukseskan Hari Amal Bhakti Kemenag, Ponpes Wali Barokah Gelar Baksos Donor Darah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sukseskan-hari-amal-bhakti-kemenag-ponpes-wali-barokah-gelar-baksos-donor-darah/

built with : https://erahajj.co.id