Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Di Pengajian Akbar LDII, Ketua PBNU Ingatkan Pemuda Harus Jadi Pelopor Dialog Kebangsaan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 01 November 2022, 04:48:07

Malang (1/11). Ketua DPW LDII Jawa Timur Amrodji Konawi mengatakan berhasilnya sebuah bangsa, salah satunya melalui peran pemudanya dalam mewujudkan toleransi dan persaudaraan. Hal itu disampaikan pada kegiatan Pengajian Akbar Pemuda LDII se-Malang Raya di Masjid Roudhotul Jannah, Sukun, Malang, Jawa timur, Sabtu, (29/10).

Menurutnya, toleransi dan persaudaraan dinilai perlu sebagai upaya memperkuat ukhuwah maupun mencegah timbulnya konflik antar golongan, “Kemajuan suatu bangsa tergantung bagaimana pemudanya bertindak. Keberagaman yang ada seharusnya tidak menjadi penghalang untuk menjalin persaudaraan. Oleh sebab itulah kegiatan ini digelar,” ungkapnya.

Mewujudkan sikap toleransi, sambung Amrodji, antar golongan sangat diperlukan oleh pemuda-pemuda saat ini. Ia menambahkan keberagaman bahasa, adat, kepercayaan, agama di Indonesia menuntut agar bisa menumbuhkan rasa toleransinya.

“Indonesia negara besar, maka harus dijaga dengan membangun ukhuwah. Apalagi sebagai pemuda harus punya bekal mewujudkan tiga konsep ukhuwah”, ujar Amrodji.

Ia menjelaskan, salah satu cara untuk mewujudkan toleransi adalah kalangan pemuda dapat menjadi motor penggerak ukhuwah atau persaudaraan. Dalam konteks ini, pemuda harus menjadi pelopor toleransi dalam perspektif agama Islam, bangsa dan negara.

“Pertama konsep ukhuwah Islamiyah, pemuda merasa saling bersaudara satu sama lain karena sama-sama memeluk agama Islam. Dalam konsep ukhuwah wathaniyah, pemuda bisa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari bangsa yang satu,” urainya.

Ini bersifat, sambungnya, tidak dibatasi oleh sekat-sekat seperti agama, suku, golongan, dan sebagainya. “Sedangkan ukhuwah basyariyah, pemuda bisa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari umat manusia yang satu yang menyebar di berbagai penjuru dunia”, terangnya.

Sementara itu, Ketua PBNU Bidang Keagamaan Ahmad Fahrur Rozi mengapresiasi kegiatan yang dihadiri sekitar 700 pemuda LDII se-Malang Raya. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus mengingatkan momen Hari Sumpah Pemuda dan mengajak para pemuda untuk meneladani semangat kebangsaan.

“Kegiatan ini sangat bagus, apalagi belum lama ini kita menjumpai momen Hari Sumpah Pemuda. Artinya semangat kebangsaan itu yang harus kita rawat sampai hari ini. Jangan ada kebencian, jangan ada semangat untuk saling menghabisi atau fanatisme berlebihan. Ini hal-hal yang harus kita kurangi. Jadi pemuda harus berdialog terbuka dan itu dimulai dari diri kita sendiri”, jelasnya.

Ia meminta para pemuda bisa memanfaatkan ilmu teknologi lewat media sosial dengan baik. Media sosial harusnya menjadi sebuah forum komunikasi publik, untuk melakukan kebaikan dan penyampaian informasi yang layak dikonsumsi oleh masyarakat umum. Sehingga akan membawa dampak positif bagi generasi penerus bangsa.

“Sekarang media bisa diakses siapapun yang menggunakannya. Hal ini bisa kita gunakan untuk memulai berdiskusi dan berdialog tanpa memandang perbedaan atau keyakinannya. Kita boleh mengakui benar, kita meyakini apa yang kita yakini benar. Anda meyakini kebenarannya,” tegasnya.

Tetapi juga, lanjutnya, tidak selalu harus mengatakan semua yang lain salah. “Jangan kita menjadi hakim kebenaran bagi orang lain,” ujar Gus Fahrur, sapaan akrabnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini diikuti oleh beberapa unsur elemen pemuda seperti GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang berwilayah di Kota Malang.

Kegiatan dihelat dalam rangka membangun ukhuwah Islamiyyah kepada para pemuda sekaligus menyamakan persepsi tokoh-tokoh muda dalam memahami toleransi intern maupun antar umat beragama. (Naufal & Laily/ LINES)

The post Di Pengajian Akbar LDII, Ketua PBNU Ingatkan Pemuda Harus Jadi Pelopor Dialog Kebangsaan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/di-pengajian-akbar-ldii-ketua-pbnu-ingatkan-pemuda-harus-jadi-pelopor-dialog-kebangsaan/

built with : https://erahajj.co.id