Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Hari Santri Nasional, Bupati Lamongan Ajak Santri Menjaga Martabat Kemanusiaan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 31 Oktober 2022, 03:21:19

Lamongan (31/10). Memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Bupati Lamongan mengajak para santri untuk menjaga martabat kemanusiaan.

Acara yang bertajuk “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” tersebut, dihadiri oleh Ketua Pemuda LDII Lamongan dan 30 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Lamongan, Yuhronur Efendy.

Dalam kesempatan ini Bupati Lamongan menyampaikan bahwa tercetusnya Resolusi jihad oleh santri dijaman penjajahan melahirkan peristiwa besar untuk memerangi penjajahan ditanah air seperti perang 10 November yakni perang di Semarang dan lain lain. “Resolusi Jihad di zaman penjajahan menjadi bukti santri berperan aktif untuk memperjuangkan kemerdekaan,” ucapnya

Tema itu memiliki maksud santri dan jajarannya selalu berperan aktif dalam tiap fase perjalanan Indonesia. “Mulai dari zaman penjajahan, kemerdekaan hingga kini. Santri selalu siap untuk mendarmabaktikan dirinya untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Pda era kekinian, santri terus berperan dalam berbagai pembangunan dan terus bergerak menjadi orang terampil. Bahkan stigma bahwa santri hanya khusus mendalami ilmu agama mengalami perkembangan. “Santri dengan segala kemampuan bisa menjadi apa saja. Santri sekarang sudah bisa merambah ke berbagai bidang profesi bahkan pemimpin negara,” pungkasnya.

Santri juga berperan aktif dalam berbagai bidang seperti kemanusiaan, ilmu pengetahuan, politik, sosial, ekonomi dan agama. “Peringatan hari santri menjadi momen yang tepat agar semua masyarakat Indonesia merayakan
dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan,” tutup Yuhronur.

Ketua Pemuda LDII Lamongan Alkhayawan saat menghadiri upacara tersebut menyampaikan, Hari Santri menjadi momen bagi pemuda untuk lebih berjuangan mengisi kemerdekaan di berbagai bidang. Dengan bekal paham ilmu agama dan akhlakul karimah bisa menjadikan nilai positif bagi santri. “Santri memahami ilmu agama dan berakhlakul karimah menjadi dasar untuk merambah ke berbagai bidang profesi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD LDII Lamongan, Agus Yudi menyampaikan tema Hari Santri kali ini selaras dengan target pembinaan generasi muda di LDII untuk berdaya menjaga martabat kemanusiaan. “Alim-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri adalah target LDII untuk mencetak generasi yang unggul,” pungkas Agus. (Edy Istian Lines Lamongan)

The post Hari Santri Nasional, Bupati Lamongan Ajak Santri Menjaga Martabat Kemanusiaan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/hari-santri-nasional-bupati-lamongan-ajak-santri-menjaga-martabat-kemanusiaan/

built with : https://erahajj.co.id