Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Antisipasi Perubahan Lingstra Global, LDII Fokus Kontribusi di 8 Bidang

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 28 Oktober 2022, 07:11:13

Manado (28/10). Perubahan lingkungan strategis (Lingstra) global, seperti teknologi informasi-komunikasi membuat masyarakat dunia terhubung satu sama lain dalam berbagai aspek kehidupan. Hal tersebut dapat membawa dampak positif, ataupun dampak negatif, tergantung bagaimana suatu negara menerapkan langkah antisipatif.

Fenomena itu dipaparkan Ketua Umum DPP LDII KH. Chriswanto Santoso saat jumpa pers Pramuswil LDII Sulawesi Utara pada Kamis (27/10). Ia menegaskan bahwa Indonesia harus siap menghadapi perubahan lingkungan strategis global. “Terkait kontribusi LDII, ada delapan hal yang harus dilakukan LDII. Ini yang menjadi buah pemikiran kami, saat Munas IX di Jakarta beberapa waktu lalu,” ujarnya saat berbincang santai dengan sejumlah wartawan di kawasan Malalayang Beach Walk, Manado.

Menurut LDII, kata Chriswanto Santoso, delapan hal penting itu harus dilakukan agar bangsa ini bisa mandiri dan lolos dari jebakan kondisi global. “Kita bisa survive, generasi kita bisa membangun, dan kita bisa makmur untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain. Itu yang menjadi targetnya. Memang ini terdengar muluk, tapi sekecil apapun ini harus kita mulai,” tegasnya, didampingi sejumlah pengurus DPP dan Ketua DPW LDII Sulawesi Utara Djafar Wonggo.

Delapan hal itu, ia menjelaskan, adalah kebangsaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, teknologi digital, ketahanan pangan dan lingkungan hidup, ekonomi, dan energi baru terbarukan. “Lima hal awal itu, berkaitan dengan peningkatan SDM, sementara tiga sisanya adalah lebih kepada implementasinya dan sumber daya alamnya,” jelas Chriswanto Santoso.

Ia menerangkan, delapan hal pokok itu sedang dan akan terus dilakukan LDII untuk bangsa. Ditambahkannya bahwa delapan hal pokok yang sedang didorong pihaknya itu, membuktikan bahwa LDII adalah ormas Islam yang terbuka. “Tidak eksklusif seperti dugaan orang yang ada di luar,” pungkasnya.

The post Antisipasi Perubahan Lingstra Global, LDII Fokus Kontribusi di 8 Bidang appeared first on Nuansa Persada.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/antisipasi-perubahan-lingstra-global-ldii-fokus-kontribusi-di-8-bidang/

built with : https://erahajj.co.id