Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Generasi Muda LDII Banyuwangi Siapkan Diri Sambut Bonus Demografi

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Oktober 2022, 15:43:31

Banyuwanyi (23/10). Pemuda LDII Banyuwangi menggelar pengajian muda-mudi bertemakan “Kesiapan Pemuda dalam Menghadapi Bonus Demografi Era Digital 4.0”. Acara itu digelar pada Minggu (16/10) di Masjid Baitul A’la Kelurahan Karangrejo Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur.

Pengajian rutin yang digelar setiap empat bulan sekali yang dilaksanakan secara bergiliran tersebut, diikuti sekitar 600 remaja perwakilan LDII se-Kabupetan Banyuwangi mulai usia SMP hingga usai menikah.

Acara diawali pengajian tafsir Alquran, dilanjutkan kemudian pengantar selamat datang oleh Dewan Penasehat LDII Banyuwangi KH. Hariajdi Sugito. Acara tersebut juga menghadirkan pengusaha sukses KH. Misbahul Muhlis yang berbagi pengalaman dan kiat sukses menjadi pengusaha emas.

Dalam acara tersebut, hadir ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi K.H. Muhammad Yamin yang membawakan materi tentang moderasi beragama dan Teddy Radiansyah dari Dispora Banyuwangi menyampaikan materi peran pemuda di masyarakat, dan ketua DPD LDII Banyuwangi H. Astro Junaedi turut memberikan materi kebangsaan di hadapan peserta pengajian.

Muhammad Yamin mengatakan moderasi beragama pemuda itu harus dikelola dengan baik agar menjadi generasi emas. “Marilah kita tanamkan rasa persaudaraan dan sikap beragama itu seperti yang dicontohkan Rasululloh SAW bahwa kita ini bersaudara,” cetusnya.

Yamin mengajak para pemuda-pemudi menanamkan misi Rasulullah untuk saling menghargai dan jangan menyakiti siapapun, karena kita makhluk ciptaan Allah. Jangan sampai masalah agama, etnis, suku dan bahasa menjadi sebuah masalah. “Semoga kegiatan ini menambah semangat untuk membuat Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” pesan Yamin.

Ketua DPD LDII Banyuwangi H. Astro Junaedi mengatakan lewat kegiatan ini LDII Banyuwangi membantu pemerintah dalam rangka pembinaan generasi muda. “Adanya dekadensi moral yang terjadi untuk mengantisipasinya kita gelar acara seperti pengajian ini,” jelasnya.

Hasil Munas ke-IX tahun 2021 menurut Astro, DPP memutuskan ada 8 bidang pengabdian yang harus dimplemantasikan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yaitu; Kebangsaan, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Teknlogi Digital, Kesehatan Alami Herbal. Energi Baru Terbarukan serta Pangan dan Lingkungan Hidup.

Warga LDII juga harus mampu memahami dan mengiplementasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. “Ini harga mati dan harus ditanamkan kepada generasi kita,” tegasnya.

The post Generasi Muda LDII Banyuwangi Siapkan Diri Sambut Bonus Demografi appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/generasi-muda-ldii-banyuwangi-siapkan-diri-sambut-bonus-demografi/

built with : https://erahajj.co.id