Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Bersama MUI Situbondo Helat Pengajian Umum dan Silaturahim

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 18 Oktober 2022, 03:30:45

Situbondo (18/10). DPD LDII Kabupaten Situbondo, menghelat pengajian umum dan silaturahim dengan pengurus MUI. Perhelatan itu bertemakan “Meneladani Rasulullah SAW Melalui Penguatan Ukhuwah Demi Keutuhan Bangsa dan Negara”. Acara tersebut bertempat di Masjid Nurul Haq, Patokan, Situbondo, Jawa Timur, pada Minggu (9/10).

Ketua MUI Kabupaten Situbondo Habib Muhammad Abubakar Al Muhdar menjelaskan, forum pengajian umum tersebut sebagai wujud menjalankan ukhuwah Islamiyah. “Dalam beragama jangan sampai ada perpecahan, hanya karena ada perbedaan. Perselisihan dapat membuat ibadah menjadi tidak nyaman,” ujarnya.

Menurutnya, umat Islam wajib menjaga kerukunan, kekompakkan, dan keharmonisan intern dan antar umat beragama. “Selain itu, menyatukan perbedaan membutuhkan usaha yang begitu besar. Perbedaan tidak dapat dihindarkan, maka jadikan perbedaan menjadi persatuan dalam bingkai NKRI yang tidak dapat dipisahkan,” ujarnya.

Untuk itu, MUI menekankan untuk menjauhi perselisihan dan perbedaan yang ada, di antara umat beragama. “Jangan mencari-cari perbedaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Situbondo Arif Fadjar dalam sambutannya, yang dibacakan Wakil Ketua Hartono menjelaskan delapan program pengabdian LDII. “Kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi syariah, kesehatan herbal. Selanjutnya, ketahanan pangan dan lingkungan, teknologi digital, serta energi baru terbarukan,” ujarnya.

Terkait kebangsaan dan keagamaan, ia mengingatkan, hubungan baik LDII dengan ormas Islam lain yang telah terjalin dengan baik, agar ditingkatkan. “Demi terwujudnya kondusivitas di masyarakat,” pungkasnya.

Menurutnya, umat Islam, baik itu Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, ataupun Al Irsyad memiliki kitab suci yang sama, yakni Alquran. “Namun, ada kalanya terdapat perbedaan dalam tafsir maupun mazhab, atau disebut khilafiah,” ujarnya.

Untuk itu, perbedan tersebut, bukan merupakan masalah. Tetapi adalah rahmat dari Allah. “Tidak perlu mempermasalahkan. Tetapi saling menghormati dan tetap mencari titik temu persamaannya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sudah saatnya seluruh ormas Islam untuk terus merawat dan membina ukhuwah dalam membangun bangsa tanpa melihat perbedaan.

The post LDII Bersama MUI Situbondo Helat Pengajian Umum dan Silaturahim appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-bersama-mui-situbondo-helat-pengajian-umum-dan-silaturahim/

built with : https://erahajj.co.id