Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Mahasiswa Roudlotul Jannah Surakarta LDII Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 11 Oktober 2022, 00:13:00

Surakarta (11/10). Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Rodlotul Jannah Surakarta LDII bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta, Jawa Tengah mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran. Pelatihan tersebut untuk mengedukasi para santri mengenai mitigasi bencana.

Pelatihan yang dilaksanakan di halaman PPM Roudlotul Jannah Surakarta, Jawa Tengah, dihelat pada Jumat (7/10). Dalam acara itu, Yayasan PPM Roudlotul Jannah Surakarta yang berbaung di bawah LDII bekerja sama dengan CV Cipta Bina Abadi, sebagai penyedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kegiatan perdana tersebut, menjadi penambah wawasan bagi para santri dan masyarakat sekitar PPM.

Pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Roudlotul Jannah Surakarta, Sumardi, menyampaikan pelatihan tersebut, bertujuan untuk edukasi mitigasi bencana. Dan sebagai tindakan pencegahan dalam menghadapi musibah kebakaran apabila terjadi di pondok pesantren.

“Diharapkan dengan terselenggaranya pelatihan pemadaman kebakaran ini, bisa menjadi contoh bagi pondok-podok lain dalam hal tindakan preventif, dalam pencegahan, dan penanganan kebakaran, sehingga ibadah dan kegiatannya selalu lancar dan barokah,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, agar setiap gedung-gedung asrama pondok pesantren memiliki APAR, untuk mempermudah keadaan apabila terjadi kebakaran, “Setelah pelatihan pemadaman kebakaran ini, juga nantinya setiap gedung asrama di PPM Roudlotul Jannah akan diberi APAR sebagai bentuk alat proteksi kebakaran,” tambahnya.

Sehubungan dengan itu, Humas PPM Rodlotul Jannah Surakarta, RM. Suharno, juga mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini, para santri diharapkan bisa menangani secara dini apabila terjadi kebakaran serta tidak panik. Dengan demikian, kebakaran kecil maupun besar bisa dicegah, “Kegiatan ini bisa digunakan sebagai edukasi santri dan warga sekitar, sehingga bisa secara langsung tahu cara mengatasi kebakaran,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta menjelaskan tahap demi tahap terkait prosedur dan simulasinya secara disiplin. Para peserta baik yang masih awam dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan, ketika kebakaran terjadi di sekitar mereka tanpa rasa panik.

(Muslih)

The post Ponpes Mahasiswa Roudlotul Jannah Surakarta LDII Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-mahasiswa-roudlotul-jannah-surakarta-ldii-gelar-pelatihan-pemadaman-kebakaran/

built with : https://erahajj.co.id