Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kembesnas Sako SPN 2022, Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Kepramukaan

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 19 September 2022, 03:41:43

Sumedang (19/9). Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menggelar Kemah Besar Nasional (Kembesnas) yang bertemakan “Membangun Generasi Penerus yang Mandiri Terampil dan Religius”. Kegiatan ini digelar di Bumi Perkemahan Letjen (Purn) Mashudi, Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Rabu (14/9).

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sako SPN, Edwin Sumiroza mengungkapkan, Kembesnas digelar sebagai wadah pembinaan Pramuka berbasis majelis taklim dan pondok pesantren, “Tujuannya untuk menumbuhkan karakter generasi penerus yang diwujudkan melalui kegiatan kepramukaan, sesuai dengan Dasa Dharma dan Tri Satya,” ujar Edwin.

Ia mengungkapkan, Sako SPN yang berada di bawah naungan Depertemen Pemuda, Kepanduan, Olahraga dan Seni Budaya (PKOSB) DPP LDII akan terus berkontribusi sesuai dengan program kerja LDII, “Semua itu makin memantapkan kami dalam menjalankan Dharma Pramuka dari level nasional hingga level gudep,” ujarnya.

Dalam implementasinya, Sako SPN berupaya menanamkan karakter “Enam Tabiat Luhur” kepada generasi muda dengan latihan pada sistem kecakapan umum di lima area spiritual yang merupakan representasi dari Dharma Pramuka, “Dalam memenuhi janji Tri Satya menjadi generasi penerus yang sukses dan berkepribadian mandiri,” ujarnya.

Edwin menambahkan, pembinaan karakter generasi muda LDII selama ini telah dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan sesuai tingkat usia, “Target pembinaan karakter generasi penerus hasil akhirnya berupa pribadi profesional religius, sehingga kehadiran mereka akan berguna untuk masyarakat dan bangsa,” paparnya.

Lebih lanjut, Edwin menjelaskan selain untuk memberikan pembinaan kepramukaan, kegiatan ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mendukung dan membangun rasa nasionalisme melalui kegiatan kepramukaan yang berada di seluruh daerah, “Dalam program kerja kami melaui dalam 8 bidang LDII untuk bangsa selain bidang keagamaan, bidang kebangsaan, bidang pendidikan karakter, DPP LDII telah mengamanatkan kepada SAKO SPN”

Sebagai penutup, Edwin mengatakan dengan adanya kegiatan Kembesnas ini diharapkan para generasi penerus bangsa dapat memiliki karakter dan sifat mandiri, memiliki relasi, serta kerukunan, “Semoga Kembesnas ini menjadi alat yang mempererat persaudaraan dan kerukunan anak bangsa,” tutupnya.

The post Kembesnas Sako SPN 2022, Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Kepramukaan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kembesnas-sako-spn-2022-membangun-karakter-generasi-muda-melalui-kepramukaan/

built with : https://erahajj.co.id