Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Waka Kwarnas: Pramuka Harus Miliki Moral yang Baik

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 19 September 2022, 03:34:41

Sumedang (19/9). Perhelatan Kemah Besar Nasional (Kembesnas) yang digelar Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) mengusung tema “Membangun Generasi Penerus yang Mandiri, Trampil dan Religius,” resmi dibuka oleh Wakil Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma Kwartir Nasional Pramuka, Yuniar Ludfi di Bumi Perkemahan Letjen (Purn) Mashudi, Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, pada Rabu (14/9).

Dalam sambutannya, Yuniar Ludfi memberikan pembekalan pada kegiatan tersebut. Ia mengatakan, jiwa seorang Pramuka memiliki jaminan mutu berupa bekal kedisiplinan dan keteladanan, “Kegiatan Kemah Besar Nasional yang digelar oleh Sako SPN ini juga merupakan bagian dari pembinaan di dalam gerakan Pramuka,” ucapnya.

Ia mengajak para peserta untuk memiliki jiwa sosial tinggi dengan sikap moral yang baik. Sesuai dengan motto kegiatan ini “Belajar, Bergerak, dan Bermakna,” Yuniar mengarahkan peserta untuk aktif dan belajar menjadi seorang pemimpin.

“Seorang pemimpin adalah seorang yang mengetahui, menunjuk dan mengarahkan pada jalan yang benar. Seorang pemimpin juga menjadi orang bertanggung jawab dalam segala situasi dan resiko,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, kepemimipinan adalah suatu aspek yang wajib dimiliki oleh seorang pelajar, “Karena kualitas menjadikan kemampuan untuk meyakinkan orang agar mendapatkan kepercayaan dan amanah,” tambahnya.

Pelatihan kepramukaan di lingkup LDII bertujuan mengembangkan “Enam Thabiat Luhur” yaitu rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, kerja keras lagi hemat (mujhid muzhid). Dan juga mempraktikkan “Empat Tali Keimanan” ialah bersyukur, mengagungkan, mempersungguh, dan berdoa.

The post Waka Kwarnas: Pramuka Harus Miliki Moral yang Baik appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/waka-kwarnas-pramuka-harus-miliki-moral-yang-baik/

built with : https://erahajj.co.id