Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ketum LDII: Generasi Profesional Religius Selaras dengan Dasa Dharma Pramuka

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 19 September 2022, 03:16:16

Sumedang (19/9). Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menggelar Kemah Besar Nasional (Kembesnas), dengan mengusun tema “Membangun Generasi Penerus yang Mandiri Terampil dan Religius”. Kegiatan yang digelar di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang, Jawa Barat, dimulai pada Rabu (14/9) dan berlangsung selama tiga hari.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso mengungkapkan pentingnya pembentukkan karakter profesional religius, “LDII program utamannya adalah pembentukan SDM yang profesional religius, dan ini sangat berkesinambungan dengan Dasa Dharma Pramuaka. Itulah mengapa kita jadikan Pramuka itu salah satu wahana di dalam membentuk generasi penurus yang profesional religius,” ujar Chriswanto.

Ketua Umum DPP LDII itu mengungkapkan dengan diselenggarakannya Kembesnas ini, dapat menghindari dampak negatif generasi muda yang mulai sulit untuk bersosialisasi karena masifnya perkembangan zaman. “Kembesnas ini membangun hubungan sosial, sehingga berkesinambungan dengan kepentingan menghindari negatifnya perilaku keseharian generasi digital,“ jelasnya.

Lebih lanjut, Chriswanto berharap pembinaan karakter Pramuka yang profesional religius dapat terus dilakukan di tingkat daerah. “Kegiatan Sako ini diadakan satu tahun sekali. Tapi terpenting dalam pembinaan harian, maka di daerah-daerah supaya tetap ada pembinaan seperti misalnya saat mengaji,” imbuhnya.

Sementara itu Sekertaris Pinsako, Aditiya Handoko mengungkapkan kegiatan Kembesnas merupakan evaluasi pembinaan di daerah-daerah. Serta untuk meningkatkan jalinan hubungan antar pembina dan adik-adik Pramuka, “Dengan diadakannya Kembesnas ini menjadi pola pembinaan diri di daerah, yang bisa dilihat dari kekompakan atau kebersihannya. Sebaliknya para pembina ini bisa saling tukar inspirasi sehingga untuk kegiatan selanjutnnya,” ungkapnnya.

Ia juga mengatakan, para peserta ditanamkan karakter “Enam Thobiat Luhur”, yakni rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanah, dan mujhid-muzhid atau giat dalam bekerja dan efisien, “Kami mengajarkan karakter enam tabiat luhur sampai mereka bisa menjadi manusia-manusia yang mandiri,” tutupnnya.

The post Ketum LDII: Generasi Profesional Religius Selaras dengan Dasa Dharma Pramuka appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ketum-ldii-generasi-profesional-religius-selaras-dengan-dasa-dharma-pramuka/

built with : https://erahajj.co.id